Calon Independen Berat, Harus Mengakar

Calon Independen Berat, Harus Mengakar

IST/RBO: Pengamat Politik Nasional yang juga putra Bengkulu, Dr Heri Budianto M.Si
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Ini masukan berharga bagi calon walikota jalur perseorangan. Agar mempersiapkan diri supaya bisa menang. Apa rahasianya???

Bagaimana peluang Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota jalur independen David-Bakhsir memiliki background TNI dan birokrat.

Menurut pakar politik Dr Heri Budianto, M.Si peluang keduanya untuk maju dalam kompetisi Pilwakot Bengkulu sangat berat dan harus benar-benar mengakar. Artinya perlu perjuangan luar biasa untuk bisa menang.

“Untuk bisa maju menjadi Calon perseorangan, maka yang dilihat adalah figur. Sosok calon yang bersangkutan, kemudian basis massanya juga harus jelas. Dan untuk bisa melenggang memenangkan Pilwakot perjuangan mereka akan sangat berat,” ungkap Dr Heri Budianto saat dihubungi, kemarin (16/10).

Dijelaskan Budi juga Dekan di Universitas Marcubuana Jakarta ini, meskipun latar belakang keluarga David-Bakhsir adalah Minang-Serawai, namun itu belum bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan dukungan maksimal masyarakat. Apalagi untuk penduduk Kota Bengkulu mereka termasuk kategori pemilih rasional, pemilih cerdas.

“Dibutuhkan perjuangan ekstra keras guna meyakinkan masyarakat penduduk Kota Bengkulu. Jika sosok yang muncul ini tidak kuat maka dukungan masyarakat sulit didapatkan,” jelas dia.

Sebab itu, yang harus diperhatikan, pemetaan politik, kemudian bagaimana caranya berjuang agar dapat diterima oleh masyarakat.

“Sekarang untuk maju lewat jalur perseorangan dibutuhkan pertama popularitas, kemudian aksepibilitas, setelah itu dilihat elektabilitasnya. Kalau populer saja belum bagaimana bisa masuk aksepibilitas dan melihat elektabilitasnya. Dan menjadi populer itu tidak bisa serta merta. Jalur independen ini sosok yang ditampilkan harus benar-benar mengakar di masyarakat dari grass root. Beda dengan Bupati Rejang Lebong dia itu memang sudah populer sejak lama dan ketokohannya cukup dikenal masyarakat. Sehingga ketika dia maju Pilkada, masyarakat rakyat akan mendukungnya,” pungkas pria yang juga direktur lembaga survey PollCom Institute tersebut. (idn)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 + 12 =