Awas! Polda Turun Tangan Cari Penimbun Gas Melon

Awas! Polda Turun Tangan Cari Penimbun Gas Melon

BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Kenaikan harga Gas Elpiji ukuran 3 Kg atau berbentuk Melon kian meresahkan masyarakat. Tak hanya langka, bahkan gas ini dijual jauh dari sebelumnya. Kelangkaan ini memang dibenarkan oleh pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangang Kota Bengkulu. Pihaknya sudah melayangkan surat kepada pihak pertamina untuk mengetahui kejelasaan kelangkaan ini.
“Kita baru melayangkan surat ke pertamina, saat ini sedang menunggu. Mengetahui hal ini saat operasi pasar, kita lakukan beberapa waktu lalu. Untuk proses penindakan kami tidak menindak lanjuti, kami hanya mengawasi saja. Jika adanya kekurangan tersebut, untuk penindak lanjutkan itu nanti satgas. Bisa saja langsung dari pihak pertamina,” terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Dewi Dharma.
Untuk pangkalan ada sebanyak 221 dari 3 agent yang ada dilakukan distribusi. Sementara itu data terhimpun stok gas sendiri untuk di Kota Bengkulu sebanyak 10 ribu lebih tabung gas. Sementara itu jika adanya sikap kesempatan nakal bagi pihak distributor, maka akan ditindak tegas.
Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Coki Manurung, SH melalui Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno, SH membenarkan perihal tersebut. Pihaknya sebagai satgas, akan melakukan pemantauan terkait persoalan ini.
“Sementara kita coba pantau kita melakukan sidak jika memang ada kelangkaan itu. Kalau ada yang melakukan penimbunan akan kita tindak proses hukum, untuk sekarang belum ada laporan dibagian reskrim. Jika masyarakat mengetahui silakan melapor jika ada mencurigakan pangkalan yang nakal,” tegasnya.
Sementara itu, saat dihubungi Harian RADAR BENGKULU ke pihak Elpiji Pertamina Bengkulu tidak dapat tersambung. Sekadar informasi, Harga Eceran Tertinggi (HET-red) gas melon 3 kg sebenarnya hanya Rp 15.500/tabung, namun dijual mencapai Rp 30 ribu/tabung. Sementara pemerintah makin tak berdaya mengatur harga elpiji tersebut. Sejak beberapa minggu sebelumnya, harga gas dijual Rp 25 ribu/tabung, kemudian naik lagi menjadi Rp 30 ribu/tabung. Tak hanya harganya yang terus meroket, gas elpiji ukuran 3 kg juga mengalami kelangkaan yang terjadi di sejumlah wilayah, seperti di Kota Bengkulu sejak beberapa minggu terakhir. Untuk menukarkan tabung gas ukuran 3 kg, harus mencari ke sejumlah kios, diduga karena langka harga gas LPG menjadi tak terkendali.(run)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fourteen + 10 =