Dispar Prov Tingkatkan SDM Kepariwisataan

Dispar Prov Tingkatkan SDM Kepariwisataan

Dinas pariwisata bengkulu
ADIT/RBO: Pelatihan SDM kepariwisataan bagi 200 peserta di Rejang Lebong.
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu terus melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan. Bentuk komitmen dan keseriusan yang ditunjukkan Dispar adalah dengan melakukan palatihan peningkatan SDM kepariwisataan bagi masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan, Kemenpar RI Ahmad Suharto yang hadir sebagai narasumber saat pelatihan pengingkatan SDM Kepariwisataan di Rajang Lebong (18/10) mengatakan, potensi pariwisata di Bengkulu luar biasa, namun belum diiringi dengan SDMnya.

“Maka dari itu, untuk mengimbangi potensi besar itu perlu SDM kapariwisataan yang baik juga. Ya, cara yang kita lakukan adalah seperti hari ini (kemarin), kita gelar pelatihan peningkatan SDM kepariwisataan. Tujuanya adalah agar masyarakat sekitar destinasi wisata mampu memahami dan mengambil peran dalam pariwisata. Kita dorong agar masyarakat sekitar destinasi wisata mampu menjalankan 8 point Sapta Pesona. Ya, paling tidak masyarakat sekitar dapat memberikan kebersihan, rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang datang.

Dengan begitu nantinya, masyarakat disekitar tempat destinasi itu dapat bekerja ataupun bergantung hidup dari pariwisata,” ujarnya.  Taslim, S.Sos Kabid Kemitraan dan Kelembagaan Dispar Rejang Lebong mengatakan, untuk SDM yang ada di RL pada umumnya perlu sekali pelatihan seperti ini. Kabijakan Pemerintah RL yang saat ini konsen pada infrastruktur  namun dengan adanyanya pelatihan seperti ini Pemkab merasa sangat terbantu.

“Daerah kita (Curup) adalah salah satu daerah yang nantinya akan menjalankan program visit 2020 Wonderfull Bengkulu dengan Festival Bunga. Mengingat itu kita terus berbenah. Kibijakan Bupati RL bangun infrastruknya, Dispar Provinsi Bengkulu mengisi peningkatan SDMnya,” ujarnya. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × five =