GenBI Bersihkan Bukit Kaba Dari Sampah

GenBI Bersihkan Bukit Kaba Dari Sampah

Adit /RBO: GenBI membersihkan sampah di bukit Kaba.
BERBAGI:

RBO, BENGKULU –  Generasi Baru Indonesia (GenBI), mahasiswa cerdas penerima beasiswa dari Bank Indonesia Bengkulu menginspirasi pecinta pariwisata untuk menjaga alam. Inspirasi itu, GenBI melakukan kegiatan bakti sosial peduli lingkungan dengan membersihkan destinasi wisata andalan Bengkulu. Yaitu, Bukit Kaba, Rejang Lebong, Bengkulu dari sampah yang dibawa oleh pendaki.

Kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan yang dilakukan GenBI belum lama ini bertemakan “Nature camp GenBI Peduli Lingkungan.”  Kegiatan yang dilakukan pada ketinggian 1.938 Mdpl atau 6.358 kaki merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Menurut Ketua KPHK Bukit Kaba, Winarno, “Di Bukit Kaba sampah plastik makanan para pendaki masih menjadi masalah utama. Dari kegiatan GenBI ini kami merasa terbantu untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam.” Acara ini diikuti oleh 55 orang Generasi Baru Indonesia. GenBI bukan hanya memungut sampah di atas puncak dan sepanjang jalur pendakian, namun juga memasang 4 buah papan imbauan di puncak Bukit Kaba yang mengandung pesan untuk membawa turun sampah yang dibawa pendaki. Dan juga sebagai pengingat para wisatawan.  GenBI memasangkan satu papan tata tertib sebelum pendakian di kaki Bukit Kaba. Sebagai insan intelektual cara – cara unik pun dilakukan GenBI untuk menyadarkan masyarakat.  Tak ada kata atau kalimat yang keras ditujukan pada pendaki. Sebagai contoh papan imbaun yang dipasang GenBI yakni ” 17 tahun sekolah, masa masih buang sampah sembarangan!! Bawa turun sampahmu.”

Kemudian memberikan bantuan pengadaan 5 pasang tong sampah di kawasan kaki Bukit Kaba yang diletakkan masing-masing 3 pasang di sekitar pos pendakian dan 2 pasang di gerbang pendakian jalur depan.

Herdian Sugianda selaku Ketua GenBI Bengkulu mengatakan, bahwa, “Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh komunitas GenBI yaitu dengan memasang papan imbauan untuk membawa turun sampah dan menyediakan tong sampah di bawah (kaki Bukit Kaba) serta memberikan contoh langsung aksi bersih sampah. Kami berharap dari apa yang kami lakukan ini dapat menebar manfaat berkelanjutan dan menginspirasi untuk komunitas ataupun masyarakat lain untuk tidak menyisakan sampah ditempat tempat wisata”.

Disisi lain, GenBI adalah Komunitas Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia  yang dibentuk di seluruh Perguruan Tinggi Negeri.  Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia juga sebagai wahana serta sarana pengembangan kepemimpinan mahasiswa berbasis kampus yang diperuntukan dan dikelola oleh para Mahasiswa. Penerima Beasiswa Bank Indonesia dalam rangka akselerasi dan optimalisasi potensi bibit – bibit unggul muda Indonesia yang memiliki beragam latar belakang bidang keahlian dan peminatan dengan harapan dapat melahirkan para pemimpin bangsa (future leader) yang memiliki kemampuan serta wawasan yang lebih luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan kehidupan dunia dimasa depan Generasi Baru Indonesia juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat. Sehingga para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dapat menjadi pemimpin yang menjulang keatas dan mampu mengakar ke bawah hingga terbangunnya mental pembelajaran yang bertitik pada proses perbaikan diri yang berkelanjutan.(ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five + 15 =