Tidak Satupun Rekomendasi KASN Dilaksanakan Pemprov

Tidak Satupun Rekomendasi KASN Dilaksanakan Pemprov

Iwan/ RBO Dalhadi Umar
BERBAGI:

RBIO >> BENGKULU >>  Rupanya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di pusat telah beberapa kali mengeluarkan rekomendasi terkait laporan yang dilayangkan ASN di lingkungan Pemprov. Sayangnya dari sekian banyak rekomendasi yang telah dikeluarkan tersebut, ternyata belum satupun rekomendasi yang dilaksanakan Pemprov Bengkulu.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dr Drs. H. Dalhadi Umar, B.Sc, M.Si mengungkapkan, ini diketahui pihaknya setelah melakukan kunjungan disertai koordinasi dengan KASN.
“Menurut keterangan pihak KASN, sudah cukup banyak rekomendasi yang diterbitkan. Tetapi tidak direspon sama sekali oleh Pemprov. Dalam artian tidak satupun yang dilaksanakan,” ungkap Dalhadi, kemarin (19/10).

Menurutnya, rekomendasi yang dimaksud seperti mengembalikan jabatan sejumlah ASN di lingkungan Pemprov seperti jabatannya semula.

“Dimana rekomendasi itu sendiri sudah pernah diberikan sejak Provinsi Bengkulu dibawah kepemimpinan Junaidi Hamsyah. Pada saat kepemimpinan Ridwan Mukti, sempat menyebutkan untuk melaksanakan rekomendasi,” ujar Dalhadi.

Ironisnya, lanjut Dalhadi, fakta yang ada malah bertambah parah. Baiknya, ada satu atau dua rekomendasi dari KASN yang dilaksanakan. “Tapi inikan tidak sama sekali. Lain hal jika ada yang dilaksanakan, secara tidak langsung Pemprov menunjukkan responnya terhadap rekomendasi yang diterbitkan ASN. Walaupun dilaksanakan atau tidak rekomendasi itu, tidak ada sanksi yang mengikat,” katanya.

Disisi lain, Dalhadi juga sempat menyinggung masih banyaknya jabatan eselon II di lingkungan Pemprov, yang saat ini masih dijabat Pelaksana tugas. “Kondisi ini harus diakhiri oleh Plt Gubernur sekarang. Terlebih Plt Gubernur juga memiliki kewenangan untuk mendefinitifkan jabatan eselon II, namun tetap harus berkoordinasi dengan Kemendagri,” tutup Dalhadi. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × five =