Kembangkan Potensi Daerah, Rohidin Bakal Kunjungi Enggano

Kembangkan Potensi Daerah, Rohidin Bakal Kunjungi Enggano

Ist/RBO Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah
BERBAGI:

RBO >> BENGKULU >>  Jika tidak ada aral melintang, tanggal 27 Oktober 2017 ini Plt.Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah,MMA rencananya bakal mengunjungi Pulau Enggano yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara.

      “Kalau tidak ada perubahan tanggal 27 Oktober nanti saya mau ke Enggano, mau kunjungan kesitu. Mau lihat langsung kondisi disitu masyarakat transmigrasi. Sekaligus masyarakat sosial ekonominya seperti apa,” ungkapnya, kemarin (20/10).

      Dijelaskan, Pulau Enggano memiliki potensi besar untuk dijadikan salah satu destinasi pariwisata perairan nasional. Keunikan dan keistimewaan pulau ini tak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata maritim yang telah lebih dulu dikenal publik.

“Potensi disitu juga luar biasa, baik dari sisi Sumber Daya Alam, termasuk kondisi sosial budaya masyarakat kita sangat menjanjikan. Apalagi kita yang berada di daratan Pulau Sumatera ini, lebih-lebih lagi,” tegasnya.

      Selain memiliki keindahan taman bawah laut dan gelombang yang dinamis, lanjutnya, kehidupan flora dan fauna di pulau terluar Bengkulu tersebut cukup bervariasi. Yakni, ada suatu plasma noktah yang tidak dimiliki pulau lain di sana. Ada flora dan fauna yang tidak ada di pulau lain. Serta, ada burung kacamata.

      “Beberapa wisata yang dapat dikembangkan di Pulau Enggano juga sangat potensial menarik wisatawan untuk berkunjung. Di antaranya, wisata menyelam, wisata kuliner ikan segar, wisata tracking mangrove, hingga wisata kerambah dan jaring apung,” ulasnya.

      Jika potensi wisata bahari ini dikelola dengan baik, lanjutnya, serta mendapatkan promosi yang secara kontinyu diyakini dapat memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat sekitar.

      Ditambahkan, upaya untuk meyakinkan pengunjung agar tertarik berwisata ke Pulau Enggano terus diupayakan dengan membangunan berbagai fasilitas infrastruktur yang memadai. Ke depan, tambahnya, pembangunan fasilitas berupa penginapan dan sarana pelengkap rekreasi akan menunjang Pulau Enggano sebagai salah satu destinasi wisata favorit nasional di Indonesia. Bahkan diharapkan hingga tingkat internasional.

      “Dari segi perbaikan dan pengembangan infrastruktur dan sarpras penunjang terus kita lakukan. Nanti pihak PLN Bengkulu rencananya juga akan ikut kesana. Karena belum seluruh wilayah Pulau Enggano yang teraliri oleh listrik,” (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − 10 =