Plt. Gubernur Bengkulu akan Buat Penangkaran Rafflesia

Plt. Gubernur Bengkulu akan Buat Penangkaran Rafflesia

BERBAGI
ADIT/RBI Plt Gubernur Dr H Rohidin Mersyah, MMA bersama Kadis Pariwisata Benteng Achrawi mengunjungi Bunga Rafflesia kemarin sore.
BERBAGI:

Plt. Guburnur Respon Cepat Selamatkan Bunga Rafflesia

RBO >> BENGKULU >>  Setelah membaca  berita RADAR BENGKULU tentang “Tangis Icon Bengkulu Bunga Rafflesia” pada Sabtu (21/10) lalu, Plt. Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, MMA langsung respon cepat menyelamatkan Bunga Rafflesia Arnoldi. Dalam kunjungannya ke lokasi Bunga Rafflesia Mekar di KM 45 jalan lintas Bengkulu – Kepahiang pada Minggu siang (22/10), Plt. Gubernur menginginkan adanya kawasan penangkaran Bunga Rafflesia agar mudah dilihat oleh masyarakat.

      “Rafflesia ini persoalannya sekarang  memerlukan  publikasi secara masif dan sistematis. Lalu selanjutnya bagaimana cara membudidayakannya. Kita prediksi tentukan kapan Rafflesia mekar, sehingga kalau ada event daerah bisa kita arahkan wisatwan melihat. Saya instruksikan kepada Dinas Pariwisata Benteng dan provinsi untuk berkoordinasi dengan Badan Riset Daerah apakah bisa bunga ini dibudidayakan, yang nantinya akan terjadwal mekarnya dan mudah aksesnya untuk dijangkau melihatnya,” kata Rohidin saat di lokasi Rafflesia Mekar kemarin.

      Rohidin mengatakan, ketika menyebut Bunga Rafflesia, pasti orang ingin melihat aslinya. Maka dari itu, akan kita upayakan ada kawasan penangkaran Bunga Rafflesia. Hal ini  juga sebagai upaya penyambutan event Bengkulu Tour The Rafflesia pada 2018 nanti.

      Dalam identifikasi, lanjut Rohidin, bisa mengandeng akademisi dari universitas yang ada di Bengkulu ini. Dengan begitu nantinya pasti potensi puspa langka ini bisa menjadi tour wisata daerah.

“Terlebih saat ini puspa langka yang dimiliki provinsi kita sudah menyita perhatian nasional. Bahkan juga sudah mendunia,” jelasnya.

      Keberadaan puspa langka jenis Bunga Rafflesia Arnoldi dan Amorphopalus titanium (bunga bangkai) di Provinsi Bengkulu rupanya menyita perhatian nasional. Menariknya, dengan potensi itu Plt Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA meminta agar keberadaan puspa langka yang termasuk icon daerah dapat dijadikan tour wisata.

      Dalam kunjungannya kemarin, Plt. Gubernur Bengkulu juga memberikan bantuan kepada Kelompok Pemuda Peduli Rafflesia Benteng berupa dua spanduk.

      Disisi lain, Ketua Kelompok Pemuda Peduli Rafflesia, Zulkifli menuturkan ucapan terimakasihnya kepada Plt. Gubernur yang datang dan ingin melihat langsung kondisi bunga mengenaskan Bunga Rafflesia.

      “Alhamdulillah Pak Plt. Gubernur ini datang. Kami lebih semangat dalam menjalankan peran sebagai penjaga puspa langka ini. Ini adalah penghargaan bagi kami dan Bunga Rafflesia,” ujarnya. (ae2)