Konvensi Rakyat Sebaiknya Dilakukan Netral

Konvensi Rakyat Sebaiknya Dilakukan Netral

Drs Azhar Marwan M.Si
BERBAGI:

Azhar Marwan: Calon Belum Ada Yang Dapat Perahu

RBO >> BENGKULU >>  Proses penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota oleh DPD PAN Kota Bengkulu dengan metode konvensi rakyat dinilai. Pengamat politik dari Universitas Bengkulu (Unib), Drs Azhar Marwan M.Si, menyarankan sebaiknya konvensi rakyat itu dilakukan oleh masyarakat langsung agar objektif dan efektif.

       “Jika ingin melakukan konvensi rakyat sebaiknya prosesnya dilakukan oleh masyarakat agar objektif dan netral. Misalnya, bisa dilakukan perkecamatan oleh para ketua RT atau RW dimana mereka menanyakan siapa calon pemimpin yang diinginkan. Misalnya sampel 10 KK per RT,” ungkap Azhar Marwan, Senin (23/10).

      Kenapa sebaiknya dilakukan oleh rakyat? Hal itu agar netralitasnya lebih bisa dipercaya oleh masyarakat. Karena jika proses itu langsung dilakukan oleh rakyat, maka tidak terjadi proses manipulasi ataupun rekayasa politik.

       “Kalau sekarang, dengan belum adanya satu kandidat calon pun yang memastikan mendapat perahu, maka peluang kandidat calon untuk merekayasa dukungan bisa terjadi. Dimana mereka dapat memobilisasi dukungan,” terangnya.

      Kemudian dengan adanya sosok Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu yang juga incumbent Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan SE, Azhar memprediksi bahwa peluang kandidat untuk mendaftar lewat konvensi rakyat yang dilakukan oleh PAN masih terbuka.

       “Bisa saja nanti kandidat calon mendaftar dan mengikuti proses konvensi rakyat, karena dalam politik ini ada strategi dan trik masing-masing. Kita tidak tahu kalau ternyata yang mendaftar itu nanti mengincar posisi calon wakil Helmi,” prediksinya.

      Sementara itu, dari Wakil Ketua I DPD PAN Kota Bengkulu Budi Agusti mengatakan, pihaknya merasa yakin bahwa proses pemilihan kandidat calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung oleh PAN lewat metode konvensi rakyat akan berhasil dan berlangsung secara objektif.

       “Lewat metode konvensi rakyat ini, kita yakin prosesnya akan berjalan objektif. Dan hari ini adalah hari pertama dimulainya konvensi rakyat. Dimana sudah ada belasan kupon yang masuk, namun untuk pengumuman nama itu akan kita lakukan satu minggu sekali dimana ada penarikan undian berhadiah setiap minggunya,” kata Budi. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

17 + fourteen =