Masyarakat Mukomuko Datangi Kantor KPU

Masyarakat Mukomuko Datangi Kantor KPU

BERBAGI
SENO/RBI Tokoh masyarakat Mukomuko sedang berdialog dengan anggota KPU di ruang kerjanya kemarin
BERBAGI:

Dukung Wacana Penambahan Dapil

RBO >> MUKOMUKO >>  Salah seorang masyarakat Mukomuko, Dadang, warga Air Hitam, Kecamatan Pondok Suguh siang  Senin (23/10) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mukomuko.

Kedatangannya dari Air Hitam ke KPU itu  bermaksud menyampaikan dukungannya atas wacana penambahan daerah pilih (Dapil) dari tiga menjadi lima Dapil se Kabupaten Mukomuko.

      “Saya sangat mendukung penambahan dapil itu. Menurut saya rencana ini akan berdampak positif besar terhadap pemerataan pembangunan di Mukomuko,” sampainya dihadapan Komisioner KPU Mukomuko dan juga RBI.

      Kalau ada yang jauh berdampak baik terhadap daerah, lanjutnya, kenapa kita harus mempertahankan aturan lama.

      Menurutnya, penyampaian aspirasi masyarakat ke Dewan perwakilan akan jauh lebih mudah jika penambahan Dapil dilakukan. Baik secara jarak maupun emosional masyarakat akan jauh lebih dekat dengan wakilnya di legeslatif.

      Selain itu, penambahan Dapil ini juga menghindari penumpukan Dewan dari satu kecamatan.

      “Contoh sekarang Dapil I, secara kecamatan Dewan banyak yang berasal dari Kecamatan XIV Koto. Nah, seperti sekarang ini Kecamatan Lubuk Pinang dan Air Manjuto minim. Bahkan mungkin tidak ada wakil. Walaupun sebenarnya Dewan Dapil I saat ini harus mewakili seluruh penduduk di Dapil I, tapi secara kedekatan emosional pasti tercipta jarak untuk menyampaikan aspirasi. Dikhawatirkan, imbasnya pada pemerataan pembangunan,” bebernya.

      Kalau bisa disegerakanlah, jalani proses penambahan itu agar ada kepastian. Banyak sekali masyarakat mendukung wacana ini. ‘’Lagian ada baiknya untuk calon dewan. Dengan sendirinya akan menghemat cost politik,” sampainya lagi sebelum pamit dengan Komisioner KPU Mukomuko.

      Meskipun pertemuan itu berjalan singkat sekitar 10 menitan, Komisioner KPU menyanbut baik dukungan itu.      Ketua KPU Mukomuko, Dawud, S.Ag menerangkan hal itu baru sebatas wacana. Namun ia tidak menapik peluang penambahan Dapil itu ada berdasarkan Udang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pemilu yang menerangkan jumlah kursi dari Dapil dewan kabupaten minimal 3 kursi.

      “Masih banyak proses yang harus kita lakukan, sembari menunggu aturan pasti terkait ini. Rencana kita juga akan mengajak dewan, tokoh masyarakat, Ormas dan LSM untuk berkoordinasi terkait wacana ini,” terangnya turut dibenarkan Komisioner lain. (sam)