Forum RT/RW Kota Bengkulu Diperingatkan

Forum RT/RW Kota Bengkulu Diperingatkan

BERBAGI
Iwan/RBO Ketua Panwaslih Kota Bengkulu Ir Sugiharto saat membaca Koran RADAR BENGKULU, Rabu (25/10).
BERBAGI:

Kata Panwaslih Jangan Sampai Mengarahkan Warga

RBO >> BENGKULU >>  Ketua Panwaslih Kota Bengkulu, Ir Sugiharto mengatakan, dalam menghadapi Pilkada Kota Bengkulu yang akan dilaksanakan tahun 2018, sebaiknya Forum Ketua RT dan RW  selaku perpanjangan tangan pemerintah di Kota Bengkulu menjaga netralitasnya. Jangan mengarah-arahkan warga. Apalagi membawa organisasi untuk mendukung salah satu calon yang akan maju.

       “Sebaiknya para Ketua RT dan RW itu netral. Karena mereka pada umumnya adalah panutan bagi warga masyarakat di lingkungannya. Dan banyak elemen masyarakat didalam satu RT. Jangan sampai Ketua RT nya mengarah-arahkan dukungan untuk salah satu kandidat calon,” ungkap Sugiharto saat ditemui di sekretariat Panwaslih Kota Bengkulu, Rabu (25/10).

      Dengan banyaknya warga masyarakat dari berbagai elemen dilingkungan RT, maka belum tentu mereka akan satu arah dukungan calon dengan Ketua RT nya.

       “Sebab itu, gak usah diarah-arahkan. Biarkan masyarakat menetapkan pilihannya sendiri. Dan jika ketua RT serta RW sudah memihak salah satu kandidat calon, apalagi sampai jadi tim pemenangan calon, maka secara langsung akan menciderai proses pesta demokrasi yang akan dilaksanakan. Dan larangan itu juga tertuang dalam salah satu Perda Kota Bengkulu,” imbau Ketua Panwaslih Kota Bengkulu itu.

      Sebelumnya dari Ketua Forum Komunikasi (FK) RT/RW SeKota Bengkulu Drs Dharma Setiawan Kadar SH, saat mereka melakukan pertemuan dengan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan SE, dalam pertemuan tersebut dia menyampaikan dukungan mereka agar H. Helmi Hasan SE maju kembali memimpin Kota Bengkulu untuk periode kedua.

      “Saya rasa untuk soal larangan itu silakan saja. Akan tetapi berdasarkan pengalaman, saat Pilpres tahun 2014 lalu, silakan cek saja di internet itu masih ada dimana ketika itu Forum RT/RW se Jawa Barat mendeklarasikan dukungannya untuk Capres dan Cawapres Jokowi-JK. Itu artinya apa? Silakan menerjemahkannya sendiri,” singkatnya. (idn)