BI Resmikan Kas Titipan Rp 75 M di BB Cab MM

BI Resmikan Kas Titipan Rp 75 M di BB Cab MM

SAM/RBO: Pimpinan BI, Dirut Bank Bengkulu dan Bupati MM gunting pita bersama. copy
BERBAGI:

Aliran Uang di MM Semakin Dekat

RBO, MUKOMUKO – Kepala Bank Indonesia (BI) Wilayah Bengkulu, Endang Kurnia Saputra kemarin hadir ke Kabupaten Mukomuko untuk meresmikan kas titipan kepada Bank Bengkulu (BB) cabang Mukomuko, Kamis (26/10) bertempat di halaman Kantor BB cabang Mukomuko.
Total kas titipan yang akan dikelola oleh Bank Bengkulu Cabang Mukomuko mencapai nilai angka Rp 75 miliar.
Dalam sambutannya Endang menjelaskan, pertumbuhan ekonomi di Mukomuko terbilang pesat serta banyak industri-industri besar yang beroprasi di daerah ini tentu membutuhkan ketersediaan uang tunai yang mencukupi sebagai motor dari pergerakan ekonomi ini. Selama ini keuangan itu masih disokong dari Bank tetangga yakni dari Sumatera Barat. Katanya, alasan itu menjadi faktor utama BI menitipkan kas di Mukomuko yang diamanatkan kepada Bank Bengkulu Cabang Mukomuko.
Ia menilai, akan banyak efek positif dari kebijakan BI menitipkan pengeloaan kas BI kepada Bank Bengkilu ini. Pertama tentu terkait kebutuhan uang tunai yang besar di daerah ini. Pihak bank-bank member seperti BRI, BNI dan Mandiri tidak perlu ke Bengkulu lagi untuk memperoleh uang tunai, uang sudah tersedia di Mukomuko.
“Artinya bank-bank yang menjadi member yakni BB, BNI, BRI dan Mandiri bisa lebih cepat memenuhi kebutuhan uang setiap nasabah, karena jarak dan waktu sudah lebih efesien,” sampainya.
Disamping kebutuhan uang tunai bagi masyarakat secara umum, pihak industri-industri besar yang jumlahnya belasan di Mukomuko ini juga akan melibatkan bank-bank yang aktif di Kabupaten Mukomuko untuk memenuhi modal oprasionalnya dalam menjalankan aktivitas bisnis. Dengan berbagai alasan itu BI merasa pentingnya kas titipan di Mukomuko.
“Kita menginginkan setelah adanya kas titipan ini, transansaksi uang tunai di Mukomuko menjadi semakin lancar. Kedepannya dari angka permulaan ini sebesar Rp 75 miliar tidak menutup kemungkinan akan kita tambah Rp 150 miliar. Kemudian Rp 300 miliar kita lihat nanti pekembangannya,” ujarnya.
Disisi lain, saat dijumpai usai acara, Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH menyampaikan terimakasih kepada BI yang telah mempercayakan pengelolaan kas ini kepada Bank Bengkulu apalagi ini cabang Mukomuko.
Menurutnya, secara tidak langsung, program ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Mukomuko secara menyeluruh.
“Ini merupakan sebuah penghargaan sekaligus kebanggaan bagi Kabupaten Mukomuko. BI sebagai sumber uang, percaya menitipkan pengelolaan kasnya di Mukomuko. Tentunya ini akan menjadi modal besar bagi daerah kami untuk menggerakan perekonomian lebih cepat dari sebelumnya,” sampai Bupati.
Dengan adanya ketersediaan uang tunai yang jumlahnya cukup besar ini, Bupati mengimbau kepada perusahaan-perusahaan besar di Mukomuko untuk memanfaatkan bank daerah lokal sebagai mitra keuangan perusahaan.
Katanya, selam ini, pihak perusahaan masih bergantung kepada bank-bank dari Sumatera Barat lantaran ketersediaan uang yang belum cukup untuk memenuhi kebutuhannya.
“Saya berharap pihak perusahaan bisa memanfaatkan ini, di daerah kita sudah memiliki ketersediaan uang, jarak lebih dekat dan akan jauh lebih aman. Saya yakin pihak perusahaan mau menjalin kerjasama dengan bank lokal,” pungkas Huda yakin.
Sementara, dari managemen Bank Benkulu sendiri, Dirut Bank Bengkulu, Agusalim mengatakan, bersama dengan program ini, akan meningkatkan infrastruktur pelayanan serta oprasional dalam mendistribusikan uang baik kepada masyarakat, perusahaan maupun bank-bank member dari kas titipan ini.
“Kami akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, jadi dalam pelayanan pendistribusian nanti akan kita lakukan sesuai harapan Bank Indonesia. Kita sudah menyiapkan tenaga khusus untuk melaksanakan kas titipan ini,” demikian Agusalim. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

8 + 20 =