Mukaddas :Maknai Sumpah Pemuda untuk Perkuat Persatuan Bangsa

Mukaddas :Maknai Sumpah Pemuda untuk Perkuat Persatuan Bangsa

BERBAGI
Berlian/RBO Kepala Kesbangpol Bengkulu Utara, Mukaddas.MM
BERBAGI:

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda atau hari Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan sebuah komitmen besar  anak bangsa tanggal 28 Oktober  yang berasal dari berbagai kelompok pemuda seperti Jong Celibes,Jong Sumatera Bond, Jong Java dan seterusnya yang berkumpul dan berserikat untuk melawan penjajahan waktu itu. Adanya kesadaran bila mereka bergerak secara berkelompok, maka tujuan untuk mengusir penjajah di Bumi pertiwi mustahil dapat diwujudkan.

Berangkat dari kesadaran kolektif dengan semangat nasionalisme dan rasa kebangsaan inilah yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yakni bertanah Air Satu,Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia .

      Semangat dan roh sumpah Pemda ini menjadikan bangsa Indonesia terbangun dan bangkit dengan semangat Patriotisme berjuang dalam mewujudkan Kemerdekaan yang pada puncaknya lahir Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 lalu.

      Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kesbangpol BU, Mukaddas.MM pada RBI kemarin dalam menyabut Hari Sumpah Pemuda hari ini.

      Dikatakan Mukaddas, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia sumpah sakti para Pemuda Indonesia waktu itu, mampu mengantarkan semangat perjuangan yang tak terbendung  dari anak bangsa untuk meraih Kemerdekaan Indonesia.

      Namun dalam konteks saat ini, semangat dan roh Sumpah Pemuda itu harus lebih hidup dan mengalir disetiap nadi bangsa Indonesia.

      Di tengah kondisi semangat kebangsaan yang ada sudah mulai pudar saat ini, maka nilai-nilai dan semangat cinta tanah air harus terus ditanamkan. Terutama bagi para pemuda di negeri ini.       Mukaddas mengajak semua anak anak bangsa di Bumi Ratu Samban BU untuk menjadikan momentum Hari Sumpah Pemuda ini untuk lebih memperkuat semangat kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air dalam keberagaman yang ada di BU.(bri)