ROCI Bengkulu Ikuti Lomba KRON Nasional

ROCI Bengkulu Ikuti Lomba KRON Nasional

BERBAGI:

 

      RBO >> BENGKULU >> Guna mengikuti  Kontes Robot Nusantara (KRON) tingkat Nasional ke 4, Robotic Organizing  Committee Indonesia (ROCI) Bengkulu mengutus sebanyak 16 peserta tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan tersebut digelar di Indonesia Convention Exibition (ICE) Serpong BSD Tanggerang, pada tanggal 29 Oktober 2017.

      ROCI Bengkulu sudah melakukan persiapan selama dua minggu untuk anak-anak yang mengikuti lomba sesuai dengan materi yang mereka ikuti. Sekolah yang berpartisipasi dalam mengikuti lomba KRON ini sudah dilatih dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan tenaga pengajar dari ROCI Bengkulu.

       Sekretaris ROCI Bengkulu, Yeni Fusfadewi S.Kom mengatakan, semangat anak-anak tidak memutus harapan mereka untuk mengikuti lomba kontes robot tersebut. Ini terlihat dari semangat mereka yang  mengikuti  lomba utu dengan biaya sendiri.

      “Untuk keberangkatan mereka, biayanya ditanggung sekolah dan juga ada beberapa sekolah biaya keberangkatan ditanggung siswa masing-masing. Tetapi tidak memutuskan semangat mereka untuk mengikuti lomba robot ini,” ujar Yeni saat ditemui RADAR BENGKULU kemarin.

      Usaha dilakukan ROCI Bengkulu untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak-anak di Bengkulu mengenai robot, mengalami peningkatan yang luar biasa. Terlihat dari antusias anak-anak yang mengikuti lomba dari tahun sebelumnya. Yang mana di tahun sebelumnya ROCI Bengkulu hanya mengirim 1 peserta dari tingkat SD, 2 peserta dari tingkat SLTP, 1 peserta Tingkat  SMA. Dan untuk tahun ini ROCI Bengkulu lebih fokus pada anak-anak SD yang mana pesertanya tahun ini sebanyak 16 orang.

      “Alhamdulillah, tahun ini kita ROCI Bengkulu mengalami peningkatan. Tahun sebelumnya kita hanya mengirim 5 peserta dan di tahun ini  meningkat peserta dari siswa sekolah dasar. Karena kita sengaja tahun ini program dari ROCI yaitu mendidik anak-anak untuk belajar robotika itu mulai dari kelas 1 SD sampai kelas 6,” katanya.

      Disamping itu juga, mereka berharap  peserta yang mengikuti lomba KRON ini bisa mengharumkan nama Bengkulu, walaupun sepenuhnya dari pemerintah belum mendukung untuk kegiatan robotika.

      “Kami berharap adek-adek yang mengikuti lomba KRON ini, bisa mengharumkan Bengkulu. Walaupun kita belum mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah untuk kegiatan Robotika ini, mungkin kegiatan robotika di Provinsi Bengkulu ini masih awam bagi yang lainnya,” tambahnya.

      Adapun perlombaan yang diikuti adalah Creative open Robot, Kindermission, Maze Solving Racer Junior Robot, Sumo RC, Brickspeed Junior A. Yang diikuti  dari SD 1 Kota Bengkulu, SDN 1 Kaur, SDN 9 Kota Bengkulu, SDN 69 Kota Bengkulu, SDIT Rabbani Kota Bengkulu, SD Islam Al Azhar 51 Kota Bengkulu, SD SAB Mahira Kota Bengkulu dan Tim ROCI Bengkulu  serta para pendamping dari masing-masing sekolah. (sir 2/yar)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

12 − 1 =