25 November KPU Terima Berkas Syarat Independen

25 November KPU Terima Berkas Syarat Independen

KPU kota lakukan tahapan Pilkada Serentak
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Lebih kurang satu bulan lagi, para kandidat Balon Walikota dan Wakil Walikota yang akan mengikuti kompetisi Pilwakot tahun 2018 lewat jalur independen atau perseorangan akan diterima oleh KPU. “Akhir Bulan November, tanggal 25 kita mulai menerima penyerahan berkas syarat dukungan untuk Balon perseorangan,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si, Minggu (29/10).
Penyerahan berkas lanjut Darlinsyah akan mereka terima kemudian akan dilakukan verifikasi sebelum para kandidat akan disertakan dalam penetapan calon. “Nanti berkas itu kami terima dan kita verifikasi faktual. Setelah diverifikasi ketersebaran cukup dan yang memenuhi syarat lainnya, maka mereka kita rekomendasikan untuk mendaftar. Pada Bulan Januari 2018, mereka ini akan serentak tanggal 8 Januari diterima pendaftaran baik lewat jalur perseorangan maupun jalur Partai Politik (Parpol),” lanjutnya.
Untuk jalur independen ini, syarat dukungan yang harus mereka serahkan, minimal 22.492 fotocopy e-KTP dukungan Paslon. Dan bagi kandidat yang masih tercatat sebagai ASN, TNI/Polri, serta anggota dewan, maka ketika masa pendaftaran, mereka harus menyertakan surat bukti pernyataan mengundurkan diri. “Pertama, misal ada ASN, TNI/Polri ketika mendaftar mereka hanya menyerahkan surat pernyataan. Nanti setelah ditetapkan sebagai calon, mereka diberikan waktu untuk mengurus SK pemberhentian, dan 30 hari sebelum hari H Pencoblosan, calon harus sudah resmi berhenti dari dinas instansi atau lembaga tempatnya bekerja. Jadi, 30 hari sebelum hari H pencoblosan artinya tanggal 27 Bulan Mei tahun 2018 terakhir mereka menyerahkan surat berhenti tersebut, baik DPR, DPD, maupun ASN, TNI serta Polri,” pungkasnya.
Sementara itu, dari pantauan jurnalis di lapangan saat ini, sudah ada empat kandidat Balon independen yang mengumpulkan fotcopy e-KTP. Yaitu Ustadz Dr H. Dani Hamdani M.P-Yudi Darmawansyah S.Sos, MM, kemudian Drs Jahin L Bustami S.Sos-Dra Khairunnisa M.Pd, Mayor Inf. David Suardi-Drs Bakhsir MM, serta Drs H. S Effendi MS yang belum diketahui siapa bakal calon pasangannya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

ten − seven =