Putra Lembak Harumkan Rejang Lebong di Tingkat Nasional

Putra Lembak Harumkan Rejang Lebong di Tingkat Nasional

DAMAR/RBO: Ahmad Hijazi mendoakan agar putra putri Rejang Lebong terus mengukir prestasi ke tingkat Nasional seperti yang telah ditorehkan Endang Syahputra putra asal Lembak yang menjadi terbaik tingkat Nasional
BERBAGI:

RBO, CURUP – Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar Pemerintah Dareah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mendapatkan kado spesial dari kalangan pemuda. Endang Syahputra putra asal Lembak akhirnya berhasil mengharumkan nama Rejang Lebong ke tingkat Nasional setelah berhasil memenangi lomba tingkat Nasional pada ajang Terompah Panjang yang dihelat di Kota Banjarmasin belum lama ini.

Kabar tersebut rupanya membuat orang nomor satu Rejang Lebong Ahmad Hijazi, terharu berselimuti kebanggaan atas prestasi yang berhasil diukir putra asal Lembak ditingkat Nasional. Dalam pidato resminya pada upacara sumpah pemuda di Lapangan Setia Negara, Sabtu pagi (28/10), Hijazi, tak kuasa menahan haru. Air matanya menetes, tatkala membacakan pengumuman bahwa utusan dari Kabupaten Rejang Lebong yakni untuk ajang pemuda pelopor dan lomba terompah panjang di Banjarmasin, berhasil meraih predikat pertama secara nasional.”Pemuda Rejang Lebong, mendapatkan juara satu, tingkat ajang pemuda pelopor bidang pendidikan atas nama Endang Syahputra,” ungkapnya

Endang Syahputra merupakan putra daerah asli Lembak yang mengikuti kontes pemuda pelopor secara nasional. Kompetisi ini ada 5 kriteria yakni: bidang pendidikan, sosial, teknologi, pangan. Terakhir, bidang lingkungan dan sumber daya alam. Dari kelima kriteria tersebut, Endang mengikuti bidang pendidikan.

Jumlah peserta untuk bidang pendidikan ini ada 85 orang yang berasal dari 25 provinsi. Dari jumlah itu mengerucut menjadi 75 peserta saja. Dari Bengkulu ada dua orang yang lolos, salah satunya adalah Endang Syahputra.

Untuk bisa mengikuti kompetisi bergengsi itu, Endang setidaknya telah berinovasi 3 hal dalam bidang pendidikan. Tema yang ia angkat seputar bagaimana meningkatkan minat baca masyarakat. Ketiga hal yang ia lakukan yakni: mendirikan rumah baca, taman baca, dan perpustakaan keliling.

Singkat cerita, atas inovasi dan kepedulian yang ia lakukan itu, serta ditambah lagi dengan serangkaian tes tanya jawab dan lainnya, Jumat (27/10) malam, Endang Syahputra, dinyatakan juara satu nasional terbaik.”Ia dihadiahi uang sebesar Rp 25 juta yang diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi di Ambhara Hotel Jakarta,” kata Fahrul Rozi, Kepala Seksi di Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Rejang Lebong.

// Binaan FORMI Sabet Medali Emas

Tak hanya itu yang membuat Bupati Hijazi semakin terisak. Kontingen olahraga di bawah binaan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Rejang Lebong pun rupanya berhasil pula meraih medali emas dalam lomba Terompah Panjang, pada perhelatan olahraga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tanggal 22-24 Oktober kemarin.

Tim yang berhasil menorehkan prestasi gemilang ini yakni Atika Mitra Elwinda, Azzah Faturrahma, Markamah Putri, Zmilda Putri Kinanti, dan Syafira Nutul Hazmi. Kemudian, peraih medali lainnya untuk bidang atletik yakni Mayori Musdalifah, Marisa Syafana, Mitra Septia, Rezi Anjarwati, dan Nabila Aprilia.

Atas kedua prestasi membanggakan ini Bupati Hijazi mengaku sangat terharu dan berharap bisa diikuti pula untuk cabang-cabang lainnya, sehingga nama Rejang Lebong kian terangkat ke ranah nasional.

“Alhamdulillah, atas ridho dan izin Allah Rejang Lebong mendapat nama baik di tingkat nasional. Saya terharu. Karena, dalam sejarah, jarang sekali Rejang Lebong mendapat juara di tingkat nasional. Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk Rejang Lebong agar nanti bisa dikenal oleh nasional dan internasional,” paparnya.(gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two + 10 =