Berusia 17 Tahun, Dukcapil Kota Akomodir Pemilih Pemula

Berusia 17 Tahun, Dukcapil Kota Akomodir Pemilih Pemula

Ronal/RBO Sudarto WS, Kadis Dukcapil Kota Bengkulu
BERBAGI:

 

M. Alim : Bisa Gunakan Suket Pengganti E-KTP

RBO >> BENGKULU >>  Untuk bisa memberikan hak suara dalam Pilkada tahun 2018 yang akan dilaksanakan tanggal 27 Juni, salah satu syaratnya harus memiliki E-KTP. Hal itu sesuai ketentuan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang persyaratan pencalonan. Akan tetapi dari Dukcapil Kota Bengkulu memastikan, meskipun penduduk tersebut belum memiliki E-KTP, akan tetap bisa memberikan hak politiknya.

       “Memang ketentuannya harus yang memiliki E-KTP. Tapi jika belum memiliki E-KTP, maka bisa digantikan dengan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dukcapil ataupun dengan cara membawa fotocopy KK ke TPS,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Drs H. Sudarto WS M.Si, Rabu (1/11).

      Adapun untuk warga masyarakat Kota Bengkulu yang telah memiliki E-KTP, lanjut Sudarto, itu sudah lebih dari 200 ribu jiwa. Namun memang diakuinya masih ada yang belum memiliki.

“Untuk Pilkada itu, kami akan segera berkoordinasi dengan pihak KPU. Dimana intinya bagi warga masyarakat yang telah memiliki NIK dan ada dalam data base, maka bisa diakomodir sebagai pemilih. Misalnya, saat Pilwakot itu dilaksanakan tanggal 27 Juni tahun 2018, di hari yang sama ada warga kita yang usianya genap 17 tahun. Nah, warga tersebut tentu secara otomatis dia sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dan dia bisa membawa fotocopy KK atau membawa Suket dari Dukcapil untuk memberikan hak suaranya saat pemilihan nanti,” kata Sudarto.

      Sementara itu, dari anggota Divisi Tekhnis KPU Kota Bengkulu, M. Alim S.Sos dia menambahkan, memang sesuai PKPU Nomor 3 harus berdasarkan E-KTP. Tapi ada penggantinya Suket dari Dukcapil.

       “Bisa menggunakan Suket dari Dukcapil. Suket itu kan fungsinya sama dengan KTP. Dan yang KTP manual tidak bisa digunakan sebagai syarat menjadi pemilih. Harus E-KTP ataupun Suket,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

12 − 1 =