Keluarga akan Sejahtera, Bila Terapkan 8 Fungsi Keluarga

Keluarga akan Sejahtera, Bila Terapkan 8 Fungsi Keluarga

Fahmi / RBO: Anggota Komisi IX DPR RI Hj Elva Hartati S.IP, MM disambut antusias warga saat sosialisasi Program KIE Kreatif
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Keluarga wahana pertama dan utama dalam pembangunan karakter bangsa. Pembentukan perilaku yang berbudi pekerti, memiliki semangat pantang menyerah, dan berjiwa gotong royong, dimulai dari keluarga.

Dalam sosialisasi KIE yang dilaksanakan di kampung KB di RT 05 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kemarin (02/11), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf, SP, MM menyampaikan tentang pentingnya menerapkan 8 Fungsi Keluarga dalam kehidupan rumah tangga.

“Keluarga sejahtera merupakan dambaan dan harapan dari setiap keluarga. Untuk mencapai kondisi tersebut bukan suatu yang tidak mungkin terjadi, apabila setiap keluarga menerapkan fungsi-fungsi yang seharusnya berjalan di dalam kehidupan keluarga. Fungsi yang dimaksud tersebut dikenal sebagai delapan fungsi keluarga,” ujar Busmar.

Apabila keluarga telah menerapkan 8 fungsi tersebut diharapkan tercipta keluarga yang baik, mengingat kondisi masyarakat Indonesia saat ini sudah kendur dalam peningkatan keluarga sejahtera terutama pemahaman program Keluarga Berencana.

“Saya harapkan kepada Kader-kader keluarga berencana terus giat dalam meningkatkan program KB. Kader-kader harus gencar mensosialisaikan program-program KB ke masyarakat agar tercipta keluarga sejahtera,” harapnya.

Adapun untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera tentunya peran keluarga sangat penting, kesejahteraan keluarga akan terwujud dengan 8 fungsi keluarga sebagai berikut fungsi keagaaman, Fungsi Sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlingdungan, fungsi reproduksi, fungsi sosial dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi lingkungan. Yang mana kedelapan fungsi tersebut saling berkaitan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh ketua RT 05 Mishar saat dijumpai media di sela-sela acara kemarin.

“Saya sangat berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi di kampung KB ini, warga termotivasi untuk ikut program keluarga berencana ini. Dalam menunjang keluarga sejahtera tentunya tiap-tiap keluarga terus mengupayakan menerapkan 8 fungsi pokok keluarga yang disampai pemateri tadi,” ujarnya.

Selain itu juga selain 8 fungsi pokok keluarga, tentunya peran serta pemerintah dalam menunjang kesejahteraan keluarga sangatlah diharapkan. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentunya di bidang ekonomi juga harus diperhatikan.

Mizhar menambahkan “Secara ekonomi harapan saya juga dapat didengar oleh pemerintah, mengingat masyarakat di RT 05 ini mayoritas pemulung atau pengumpul barang bekas, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kami juga membutuhkan atau pinjaman lunak untuk menunjang kesejahteraan ekonomi di lingkungan RT kami ini,” harapnya.

Disamping itu juga, Anggota Komisi IX DPR RI Hj Elva Hartati S.IP.,MM mengharapkan kepada pemangku kekuasaan dalam hal ini pemerintah, agar mampu mendukung untuk kegiatan BKKBN dengan menyusun anggaran di APBD demi kepentingan masyarakat mengenai program -program apa yang saja yang dilakukan BKKBN yang ada di Provinsi Bengkulu.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut hadir Anggota Komisi IX DPR RI Hj Elva Hartati S.IP.,MM, kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf, SP, MM, dan masyarakat Kampung KB. (sir1/yar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × two =