Generasi Remaja Investasi Masa Depan

Generasi Remaja Investasi Masa Depan

RBI/ROCKY: Tamu undangan siap dukung program Genre jadikan investasi masa depan
BERBAGI:

Ciptakan Keluarga yang Sejahtera

RBO, BENGKULU- Generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa, termasuk juga Indonesia. Mereka merupakan sumber daya utama untuk pembangunan, serta dapat berperan sebagai agen kunci perubahan sosial, pertumbuhan ekonomi dan inovasi teknologi.

Sayangnya, partisipasi generasi muda dalam pembangunan masih jauh dari ideal. Terutama ketika 90 persen dari generasi muda di negara-negara berkembang hanya dibekali oleh tingkat pendidikan yang rendah, pelatihan dan pelayanan kesehatan melalui infrastruktur yang buruk, serta mengalami berbagai bentuk ketidaksetaraan dan keterbatasan. Faktor-faktor inilah yang menurutnya masih menjadi penghalang bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam proses kesejahteraan dalam keluarga.

Menyikapi hal ini, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan prilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).

Generasi berencana salah satu bagian program BKKBN yang melibatkan Generasi Remaja (Genre),yang mana program genre ini merupakan pra agar generasi remaja bisa mempersiapkan kehidupan kedepannya.

Selaku kakak Genre, Mirza, SH,. Mkn, mengatakan, “Solusi menjadikan keluarga sejahtera dalam Genre harus meningkatkan ilmu pengetahuan. Baik itu pengetahuan yang bersifat umum, maupun pengetahuanya yang bersifat program-program KB,”ujarnya dalam sosialisasi di Kampung KB Kelurahan Jitra, Teluk Segara Kota Bengkulu kemarin.

Masalah remaja yang timbul biasanya berkaitan dengan masalah seksualitas (hamil di luar nikah, aborsi), AIDS,  penyalahgunaan Napza dan sebagainya. Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri,”tambahnya.

Mirza juga menambahkan, ‘’Tahun lalu kita melaksanakan program GENRE ceria roadsow ke seluruh kabupaten se Provinsi Bengkulu. Salah satu kegiatannya, kita mengumpulkan PIK-R disana. Ada semacam seni kreatifitas talkshow, dialog dan doorprise. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada mereka tentang mempersiapkan dalam membangun suatu keluarga,”tambahnya.

Dalam melaksanakan kehidupan yang lebih baik, selama ini program Genre belum terlalu bisa menyentuh keseluruh lapisan remaja, dikarenakan masih sedikit remaja yang tahu tentang pemahaman tentang Genre .

“Namun, dalam kurun dua tahun ini kita terus mencoba meng upgrade dan memperluas jaringan, ke sekolah-sekolah ataupun ke kampus-kampus kita akan mengajak mereka bergabung ke Forum Genre. Selama ini kita masih fokus dulu ke sekolah atau kuliahan, namun kedepannya kita akan mencoba menggandeng karang taruna,”tutupnya.

Di samping itu juga, selaku Camat Teluk Segara, Drs Ikhwan Nova MSi mengapresiasi kegiatan sosialisasi KIE Kreatif yang mana diharapkan dengan sosialisasi ini tidak hanya sebagai seremonial saja. Artinya, seluruh stake holder yang didukung pemerintah akan ada tindak lanjut kegiatan.(sir1/yar)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four × two =