Walikota Berharap Para Lansia Kota Tetap Produktif

Walikota Berharap Para Lansia Kota Tetap Produktif

Helmi Hasan SE, Walikota Bengkulu
BERBAGI:

 

RBO >>  BENGKULU >>  Usia senja atau lanjut usia (lansia) tidak bisa dihindari dalam fase kehidupan manusia. Namun demikian bagi yang telah memasuki usia tersebut, harus tetap sehat, aktif, produktif, dan juga mandiri.

      Hal tersebut diungkapkan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan SE ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan rencana aksi daerah lansia Kota Bengkulu 2017, Selasa (7/11) di lapangan  Kelurahan Cempaka Permai.

      Menurut Helmi, Indonesia saat ini masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua karena memiliki proporsi lanjut usia (lansia) usia 60 tahun keatas yang cukup besar. Dia berharap lansia Kota Bengkulu masih tetap aktif dan produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

      “Ya, kita berharap para lansia kota Bengkulu bisa melakukan aktifitas  yang bisa menghasilkan sesuatu. Seperti membuat olahan makanan , anyaman,’’ ujarnya.

      Yang kita ketahui, salah satu permasalahan utama lansia adalah penurunan fungsi organ tubuh, sehingga para lansia rawan terhadap serangan berbagai macam penyakit, yang pada gilirannya dapat menurunkan tingkat aktivitas keseharian.

      Melalui kegiatan ini juga,  Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Bengkulu, Rosmidar  mengatakan, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan lansia agar menjadi lansia yang sehat.

      ”Kita juga melakukan pengukuhan lansia per kecamatan agar bisa mengkoordinir para lansia di kecamatan masing-masing. Kita akan  berkoordinir dengan dinas –dinas terkait agar para lansia ini bisa dilibatkan dalam kegiatan pemerintah kota,’’ ujar Rosmidar.

      Selanjutnya, Pemerintah Kota Bengkulu mengharapkan para lansia untuk tetap semangat dalam berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan daerah. Pada kegiatan Lanjutan lainnya, sebelumnya telah dilakukan senam masal bersama para lansia, pemeriksaan kesehatan, pemberian doorprize, dan juga kegiatan ramah tamah.(ae3/rsm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − 3 =