Pengelolaan Bandara Fatmawati Diserahkan ke Swasta, Ini Kata Rohidin

Pengelolaan Bandara Fatmawati Diserahkan ke Swasta, Ini Kata Rohidin

Ist/RBO Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah
BERBAGI:

 

RBO >> BENGKULU >>  Seperti diketahui, Bandara Fatmawati-Soekarno Bengkulu rencananya bakal diserahkan pengelolaanya kepada pihak swasta oleh pihak Kemenhub RI.

      Pelepasan aset negara ini bertujuan agar tidak terlalu membebani keuangan negara. Selain Bandara Fatmawati-Soekarno, ada 9 bandara lainnya yang akan diserahkan ke swasta. Yakni bandara yang berada di Belitung, Bengkulu, Tjilik Riwut, Tarakan, Samarinda, Banyuwangi, Palu, Kendari, dan Jayapura.

      Tak hanya bandara, ada 20 pelabuhan juga yang rencananya yang akan diberikan kepada swasta. Diantaranya Pelabuhan  Probolinggo, Bima, Sintete, Waingapu, dan beberapa pelabuhan lainnya.

      Terkait hal ini, Plt.Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan, tidak mempermasalahkan Bandara Fatmawati dikelola oleh pihak swasta.    Menurutnya, pemerintah pusat sebelumnya pasti sudah melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum membuat kebijakan.

      “Kalau itu keputusan yang terbaik, kita tidak menjadi soal,” terangnya, kemarin.

      Sementara itu, dia berharap agar pengelolaan bandara yang dilepaskan nantinya kepada pihak swasta dapat dikelola secara profesional. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi negara.

      Di mana yang lebih berpotensi, lanjutnya,   harus kita dorong. ‘’ syaratnya apa? Bandara infrastrukturnya bisa lebih bagus, pengelolaan manajemennya bisa lebih baik, pelayanan kepada konsumen bisa lebih bagus, lebih optimal dan oke memang saya kira itu pilihan kita,” tegasnya.

      Ditambahkan, jika sudah diserahkan kepada pihak swasta, maka Bandara Fatmawati selain tidak membebani APBN, dengan menyerahkan sejumlah infrastruktur transportasi tersebut kepada swasta, maka pemerintah juga akan mendapatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 + 8 =