Sosialisasi KIE, Seluma Tekan Angka Pernikahan Dini

Ekonomi & Bisnis Featured Nasional Pemda Provinsi Seluma

RBO,BENGKULU- Kegiatan sosialisasi KIE Kreatif yang diselenggarakan oleh BKKBN berakhir di Kabupaten Seluma Kecamatan Air Periukan, Desa Lawang Agung kemarin (10/11). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut BKKBN mengajak masyarakat Seluma untuk berpartisipasi mengurangi pernikahan dini di Seluma.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf, SP, MM, mengatakan, pernikahan dini tertinggi kedua di Provinsi Bengkulu adalah Kabupaten Seluma. Maka dari itu, dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat mengurangi angka dari pernikahan dini tersebut agar dapat memperkecil risiko yang ditimbulkan dari pernikahan tersebut.

“Perlu kita ketahui, pernikahan dini di Seluma ini tertinggi kedua setelah Mukomuko yang menduduki tingkat pertama di Provinsi Bengkulu . Maka dari itu, saya mengajak bapak-bapak dan ibu-ibu bersama-sama menekan angka pernikahan dini tersebut agar kita dapat memperkecil risiko yang ditimbulkan dari pernikahan dini,” ujar Busmar dalam kata sambutannya.

Disamping itu, Busmar juga menambahkan bahwa usia yang terlalu muda bagi pasangan membuat mereka tidak siap dengan urusan rumah tangga dan realita yang ada. Usia kandungan yang terlalu muda justru rentan menyebabkan kematian ibu dan bayi, terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Menyikapi hal itu, PLT Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Seluma Suwardi, SH mengatakan, “ Bagaimana kita untuk menekan Pernikahan dini ini, tentunya kita harus ada program-program yang dapat menekan angka pernikahan dini, salah satunya kegiatan KIE ini,”ujarnya.

Dengan adanya kematangan umur tentunya dapat memperkecil risiko perceraian serta kurangnya tindak kekerasan dalam rumah tangga. Oleh karena itu program KB melalui KIE Kreatif ini dapat memberikan pencerahan kepada calon keluarga yang sejahtera.

Dengan berakhirnya KIE Kreatif ini, selaku Penyelenggara dalam hal ini EO, Fauzi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang terkait, terutama BKKBN Provinsi Bengkulu yang sudah bersedia mengakomodasi kegiatan KIE Kreatif ini.

“Selama proses pelaksanaan KIE Kreatif di Provinsi Bengkulu yang saya laksanakan yang ada sepuluh titik ini, saya merasa sangat terbantu, sangat diakomodasi oleh BKKBN Provinsi, khususnya dan daerah-daerah kabupaten pada umumnya,”ujar Fauzi.

Dia menambahkan, untuk kedepannya penyelenggaraan KIE Kreatif ini perlu juga diperluas dengan jumlah kepersertaannya perlu di tambah. Ini dikarenakan antusias masyarakat Bengkulu yang mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi.

“Kita berharap di tahun kedepan kegiatan KIE Kreatif ini tetap terus dilaksanakan. Karena kegiatan KIE Kreatif ini sangat bermanfaat untuk seluruh masyarakat,”tutup Fauzi. (sir2/yar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *