Panwaslih Akan Pastikan Dukungan Calon Perseorangan

Panwaslih Akan Pastikan Dukungan Calon Perseorangan

27
BERBAGI
Iwan/RBO Ir Sugiharto

Sugiharto : Kalau Tidak Mendukung TMS

RBO >>  BENGKULU >>  Tahapan Pilwakot yang akan dilaksanakan tanggal 27 Juni tahun 2018 terus berjalan. Tanggal 25-29 November ini untuk kandidat Paslon perorangan atau yang maju lewat jalur non Parpol sudah mulai melakukan penyerahan dokumen syarat dukungan.

“Nanti tanggal 25-29 bulan ini, pihak penyelenggara akan menerima penyerahan syarat dukungan dari kandidat. Dan mulai tanggal 12 sampai 25 Desember akan dilaksanakan tahap verifikasi faktual terhadap syarat dukungan yang diserahkan tersebut,” ungkap Ketua Panwaslih Kota Bengkulu, Ir Sugiharto saat ditemui dikantornya, pagi Rabu (15/11).

Selain mengawasi jalannya proses penyerahan syarat dukungan dari kandidat ke KPU, pada tahap verifikasi faktual nanti lanjut Sugiharto, maka pihaknya akan turun mulai dari tingkat kelurahan.

“Artinya, nanti Panwas akan melakukan pengawasan apakah warga masyarakat tersebut memang mendukung kandidat Paslon. Nanti kita sensus seluruh dukungan yang diserahkan. Misalnya 25 ribu dukungan yang diserahkan, itu kita lakukan sensus,” jelasnya.
Dan ketika didatangi oleh Panwas nanti ternyata warga masyarakat tersebut tidak mengakui mendukung kandidat Paslon, maka akan menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Jadi kalau memang masyarakat itu tidak mendukung saat didatangi, maka menjadi TMS. Faktualnya nanti, kita akan memastikan masyarakat itu benar-benar mendukung kandidat yang menyerahkan syarat dukungannya,” pungkasnya.
Sebelumnya dari kandidat Balon Walikota Mayor Inf David Suardi yang akan berpasangan dengan Drs Bakhsir MM, dia mengatakan sudah siap untuk mendaftarkan diri serta menyerahkan persyaratan dukungan maju Pilwakot lewat jalur independen.

“Kita sudah siapkan 22.500 foto copy dukungan e-KTP dari masyarakat di berbagai kelurahan di Kota Bengkulu. Dan jika saat verifikasi faktual nanti ternyata ada KTP yang masuk ternyata tidak mendukung, maka saya akan datangi. Akan kita pastikan darimana datangnya KTP tersebut. Karena sejauh ini dukungan KTP yang datang kepada kami benar-benar murni dari masyarakat untuk David-Bakhsir,” tegas Mayor David. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

12 + 2 =