Warga Genting Butuh Sarana Air Bersih

Warga Genting Butuh Sarana Air Bersih

BERBAGI:

RBO, BENTENG – Warga Desa Genting Kecamatan Bang Haji membutuhkan tersedianya infrastruktur sarana air bersih, baik berupa saluran PDAM maupun sumur bor kolektif. Sehingga warga lebih mudah mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya untuk konsumsi. Pasalnya desa yang dikelilingi perkebunan sawit PT Bio tersebut memiliki air yang kurang jernih.

Sekdes Genting, Raspikal mengatakan warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau, di saat musim hujan saja masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih, karena letak desa cukup tinggi dengan dikelilingi perkebunan sawit membuat air seperti berwarna kehitam-hitaman.

“Di sini memang ada sungai, namun airnya seperti berwarna hitam. Sumur gali juga seperti itu, mungkin karena ada pengaruh akar sawit. Kami sebenarnya berharap ada PDAM atau pembuatan sumur bor, sehingga air yang kami konsumsi memang air jernih,” jelasnya.

Dia mengatakan sumur bor sempat mau dibangun secara kolektif, hanya saja rencana tersebut terhambat lantaran dana yang dibutuhkan sampai saat ini belum juga terkumpul. “DD masih dialokasikan untuk infrastruktur jalan dan jembatan menuju desa, nah kami sempat mau buat sumur bor kolektif dengan cara swadana. Namun karena kondisi ekonomi warga desa makanya sampai saat ini belum juga terealisasi. Harapan kami ada bantuan dari Pemda Benteng, apalagi ini berkaitan dengan kualitas air yang dikonsumsi warga,” jelas Raspikal. (tan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × two =