Legiman-Siskawati Juga Balon Independen

Legiman-Siskawati Juga Balon Independen

BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Proses penerimaan berkas dokumen persyaratan Paslon Walikota dan Wakil Walikota yang akan maju lewat jalur perorangan tepat pukul 24.00 WIB tanggal 29 November tadi malam resmi ditutup. Untuk itu, kendati sudah ada dua kandidat bakal Paslon yang telah menyerahkan berkas persyaratan dukungan dan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), akan tetapi kandidat tersebut belum bisa dipastikan menjadi calon.

“Kita masih banyak tahapannya. Kalau dari proses penerimaan berkas yang kami terima sejak tanggal 25 November sampai hari ini, memang sudah ada David-Bakhsir serta Jahin-Khairunnisa yang dinyatakan MS berkasnya. Tapi itu baru berkas untuk syarat mendaftar jadi peserta Pilwakot tahun depan,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si saat ditemui dikantornya, siang Rabu (29/11). Sebelumnya dijelaskan oleh Darlinsyah, setelah ini, hari tanggal 30 November sampai 1 Desember, akan dilakukan penelitian administrasi.

“Sebenarnya, sejak tanggal 25 lalu, ketika kandidat itu dinyatakan MS, maka kita langsung lakukan penelitian administrasi. Penelitian administrasi akan dilakukan sampai tanggal 1 Desember. Dan mulai tanggal 8 Desember akan dilakukan proses verifikasi faktual untuk syarat dukungan yang telah diserahkan oleh kandidat sesuai Silon,” jelasnya. Dalam proses verifikasi faktual (Vertual) pada tanggal 8,9 dan 10 Desember itu KPU akan menyerahkan semua dokumen yang berkaitan dengan kandidat jalur perseorangan ke PPS.

“Tanggal 12 sampai 25 Desember PPS akan turun melakukan sensus untuk vertual. Tapi sebelum itu, kami juga akan melakukan Bimtek terhadap seluruh PPS dan PPK di Kota Bengkulu tentang tata cara vertual. Saat Vertual itu nanti ada dua sikap terhadap pemilik fotocopy e-KTP dukungan yaitu mendukung atau tidak mendukung. Jika mendukung, maka dinyatakan MS. Jika tidak mendukung TMS. Dan setelah Vertual akan dilakukan pleno terlebih dahulu oleh PPS, sebelum itu diserahkan ke PPK dan PPK melakukan pleno sebelum diserahkan ke KPU,” pungkas Darlin.

Sebelumnya juga, Darlin mengatakan ada salah satu calon kandidat atas nama Legiman melalui timnya yang datang dan informasinya akan mendatangi kembali KPU Kota. Adapun dari konfirmasi ke tim LO Legiman, Suroto mengatakan, mereka akan mendatangi KPU Kota pada sore hari diatas pukul 16.00 WIB. “Pak Legiman rencananya akan maju lewat jalur independen berpasangan dengan Siskawati,” singkatnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine + 12 =