BPPTP Bengkulu Berkomitmen Perkuat Produktifitas Masyarakat Desa

BPPTP Bengkulu Berkomitmen Perkuat Produktifitas Masyarakat Desa

BERBAGI:

RBO, ARGA MAKMUR – Keberadaan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi atau BPPTP Bengkulu untuk mendukung peningkatan Produksi bagi masyarakat di daerah ini. Menurut Kepala BPPTP Bengkulu Ir.Martin Luter Ginting,M.Si di sela-sela kegiatan sosialisasi rencana kegiatan institusi tersebut di Kecamatan Padang Jaya kemarin, BPPTP merupakan unit pelaksana teknis pusat dibawah Kementerian Desa (Kemendes.RI),yang bertugas melaksanakan penelitian, pengkajian dan penerapan teknis produksi serta kerjasama di bidang desa, daerah tertinggal dan transmigrasi .

Dipaparkan ML Ginting,BPPTP Bengkulu yang dulu dikenal dengan sebutan ADC di Kecamatan Padang Jaya BU sejak 1977 lalu hingga sekarang terus mengalami dinamika hingga saat ini. BPPTP Bengkulu lahir dari latar belakang masih rendahnya SDM untuk melakukan percepatan menuju desa mandiri. BPPTP hadir bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan kolaborasi riset ,percontohan model dan diklat kewirausahaan dan keterampilan usaha bagi SDM pendukung percepatan desa mandiri. Begitu pula peningkatan kesadaran, keahlian dan kompetensi dikalangan SDM peneliti.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan BPPTP Bengkulu antara lain pengembangan benih/bibit (seed center) mendukung kemandirian pangan, Demplot teknologi unggul Tepat Guna pada budidaya dan usaha tani,kegiatan model pertanian unggulan penunjang “desa Mandiri”.

‘’Selain itu, BPPTP Bengkulu juga melaksanakan penyelengaraan pusat pelatihan dan laboratorium sosial. Kegiatan percontohan Agra Techno Tourism, serta kebun produksi dan plasma nutfah lokal,’’jelas ML.Ginting.(bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

20 − eighteen =