Jika BUMP Siap, Sapi Segera Didistribusikan

Jika BUMP Siap, Sapi Segera Didistribusikan

BERBAGI
Iwan/RBo: Benny Suharto saat meninjau salah satu BUMP, Senin (11/12).

RBO, BENGKULU – Sejumlah Badan Usaha Milik Petani (BUMP) di Kabupaten Bengkulu Utara yang bergerak dibidang peternakan sapi, Senin (11/12) ditinjau langsung oleh motor pendiri BUMP dan PT Siraja selaku pendistribusi ternak sapi. Peninjauan yang dilakukan tersebut, bertujuan untuk melihat sejauhmana kesiapan BUMP sebelum sapi untuk digemukkan didistribusikan.
“Peninjauan ini sengaja kita lakukan, karena untuk melihat sejauh mana kesiapan para petani yang tergabung dalam BUMP. Nantinya kalau dari penilaian BUMP sudah benar-benar siap, maka sapi untuk program pengembangbiakan itu kita distribusikan langsung kepada BUMP,” ungkap Motor Pendirian BUMP yang juga merupakan pengusaha dibidang peternakan sapi, H. Benny Suharto, SH, Kamis (11/12).
Menurutnya, dari penilaian yang dilakukan, seperti BUMP PT Prontani Raflesia Hijau di Desa Kota Bani, Kecamatan Putri Hijau sudah siap. “Buktinya saja BUMP itu sudah memiliki akta notaris dan SK dari Kemenkumham. Terlepas dari hal itu, dengan program ini nanti diharapkan dapat meningkatkan ekonomi petani,” ujar Benny yang merupakan kader PAN dan berniat maju dalam bursa Pileg DPR RI dari Dapil Provinsi Bengkulu ini.
Mengingat, lanjut Benny, sejak awal tujuan dari pembentukan BUMP ini, endingnya guna menekan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu dalam skala nasional.
“Memang dalam tahap awal ini baru 7 BUMP yang dibentuk. Tapi tidak menutup kemungkinan kedepannya dapat ditambah. Program ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan swasembada daging, khususnya di provinsi kita,” tegasnya.
Lebih jauh dikatakannya, Ia menargetkan BUMP yang ada nantinya dapat segera dipastikan benar-benar siap. Sehingga sapi bisa segera didistribusikan. “Semakin cepat didistribusikan, kita optimis pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama para petani semakin cepat pula. Maka dari itulah pentingnya peninjauan kesiapan BUMP ini,” tutup Benny yang langsung meninjau BUMP di Kabupaten Mukomuko. (idn)