Program Binaan BI Berhasil, Hasil Naik 9,36 Ton Padi/Ha

Program Binaan BI Berhasil, Hasil Naik 9,36 Ton Padi/Ha

RBO/Rocky: Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu Endang Kurnia bersama Kadis Pertanian dan Kadis Kelautan dan perikanan foto bersama saat panen padi
BERBAGI:

RBO, BENGKULU- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Bengkulu berhasil membina petani. Buktinya kemarin melakukan panen padi hasil budidaya kelompok binaan BI Klaster Marga Luhur (ML) di Desa Sido Luhur Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Selasa (12/12). Bantuan yang diberikan BI berupa budidaya padi dan ikan air tawar.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan “Klaster Marga Luhur merupakan kelompok petani binaan BI dari desa Sido Luhur dan Marga Sakti di Bengkulu Utara yang menerima program bantuan sosial BI,” ujar Endang.
Dengan adanya program budidaya sosial yang diberikan BI ini dapat menekan biaya pengeluaran petani yang ada di kecamatan Padang Jaya khususnya desa Sido Luhur dan Marga Sakti.
Selaku Ketua Kelompok tani Marga Luhur mengatakan “Dengan adanya Program BI ini kami sangat bersyukur dan sangat terbantu karena usaha kami terbantu sehingga dapat bermanfaat dan mampu menekan biaya pengeluaran petani khususnya pada biaya pakan dan budidaya tanaman padi sawah. Sehingga kami dapat meningkatkan pendapatan yang lebih baik,” sampai Agus.
Untuk Budidaya padi, BI telah membuat demplot atau percontohan sawah untuk menanam padi seluas 15 Hektar (Ha) di desa Sido Luhur dan Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya. Demplot (Lahan Percontohan) padi yang dibudidayakan oleh Klaster Marga Luhur mampu menghasilkan panen dengan hasil yang menggembirakan.
Dengan penerapan teknologi-teknologi cara budidaya padi sistem jajar legowo yang diterapakan petani berhasil panen diperkirakan mencapai 9,36 ton per Ha meningkat dari rata-rata normal 5 ton per Ha. Hasil produksi yang meningkat ini diharapkan dapat ditiru oleh petani sekitar untuk mendukung ketahanan pangan daerah.(sir2/yar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

ten + two =