Air Manjuto “Sasaran” Saber Pungli

Air Manjuto “Sasaran” Saber Pungli

BERBAGI
Sosialisasi Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Upaya mencegah tindak pidana pungutan liar (Pungli) di Kabupaten Mukomuko, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) atau dikenal dengan Saber Pungli Kabupaten Mukomuko rutin menggelar sosialisasi tentang pungli di tingkat kecamatan. Kemarin, Kamis (14/12) sasaran sosialisasi Saber Pungli Mukomuko di Kecamatan Air Manjuto bertempat di Kantor Camat tersebut.

UPP Mukomuko yang diwakili Ketua Pokja Pencegahan Tohir yang juga Kasat Binmas Polres Mukomuko, AKP M. Tohir mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah pencegahan, agar Kades serta unsur pemerintahan di kecamatan tidak tersandung kasus pungli.
“Saya sudah keliling ke kecamatan-kecamatan menyampaikan materi-materi  terkait pungutan liar ini. Tentu kami berharap pungli bisa diberantas cukup ditangan Pokja pengcegahan. Tidak perlu ada penanganan secara preventif oleh pihak berwajib. Artinya sosialisasi yang kami lakukan ini bisa membawa penyadaran kepada Pemdes, Kecamatan untuk tidak melakukan pungli,” sampainnya.

Ia menyatakan, pungutan-pungutan atau sumbangan yang termasuk dalam katagori pungli itu ketika pungutan itu tidak didasari aturan. Jikalaupun ada desa yang melakukan bentuk sumbangan diharapkan melalui mekanisme musyawarah dan dituangkan dalam aturan di desa.

Sementara itu, Camat Air Manjuto, Yusuf Aulawi, SP mengatakan pihaknnya bersyukur dengan sosialisasi tentang pungli ini  bisa dilaksanakan di kecamatan yang ia pimpin.  Menurutnya, ini merupakan pembelajaran penting bagi seluruh unsur di Kecamatan Air Manjuto.

“Tentunya sosialisasi ini bisa menambah wawasan masyarakat kami terkait dengan pungli ini. Mana yang bisa dipungut dan mana yang dilarang,” singkatnya.

Sisialisasi ini sendiri dihadiri oleh pegawai kecamatan serta sejumlah perangkat desa dari delapan desa se Kecamatan Air Manjuto. (sam)TD Pembibitan Perikanan ini dilakukan mengingat UPTD ini sudah memiliki tugas lebih luas dari sebelumnya yang masih berstatus BBI.
Kata Azbas Novyan, selain menyediakan bibit ikan untuk keperluan bantuan kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Mukomuko, UPTD ini juga merangkap sebagai sumber PAD bagi Kabupaten Mukomuko.
“Berdasarkan Perbup, setelah UPTD ini beroperasi, kita bisa menjual hasil pengelolaan UPTD ini kepada masyarakat. Contohnya bibit ikan. Selain Pokdakan penerima bantuan, masyarakat umum bisa mendapatkan bibit ikan di UPTD Pembibitan Perikan Lubuk Pinang ini,” terangnya. (sam)