Indomaret Jual 8 Produk UMKM Asli Bengkulu

Indomaret Jual 8 Produk UMKM Asli Bengkulu

Adit/RBO: Pelepasan balon tanda resminya produk UMKM Bengkulu dipasarkan oleh Indomaret .
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Retail modern Indomaret membangkitkan dan membantu produk UMKM Bengkulu. Saat ini ada delapan produk UMKM hasil industri rumahan yang dipasarkan di gerai Indomaret. Selain itu juga ada 10 produk UMKM pendamping yang dipasarkan.

Delapan produk UMKM itu yakni, Kopi bubuk asli Bengkulu merk Aroma, Chesi Kripik Pisang Enggano, Kripik Ikan Bledang, Sari jahe merah merk Aulia, perut punai manis dan asin,  jeruk kalamansi, kue Bay Tat dan Lempuk Durian.  Selain delapan produk tersebut, Indomaret juga membantu pelaku UMKM dengan menjual 10 produk. Yaitu sambal tempuyak dalam kemasan, manisan terong ungu, kacang disko, kue anak tat, kacang kremes dan kacang disko, Abon ikan Tuna, Kue Siput, Kripik Bawang,  Kripik Rafflesia.

Diungkapkan salah satu pimpinan Indomaret Cabang Palembang, Firman Mulyana, tujuan memasarkan produk UMKM di gerai Indomaret adalah untuk meningkatkan dan memajukan produk daerah. Indomaret memberikan ruang agar produk daerah mampu bersaing dengan produk lain.  “Kita kerjasama dengan masyarakat sekitar. Terutama pelaku UMKM ini. Kita ingin kerjasama ini terus berlanjut, saling mendukung dan saling menguntungkan,” terangnya.

Saat ini ada lima toko Indomaret dalam Kota Bengkulu yang memasarkan produk UMKM. Lima toko itu diantaranya Indomaret di KM 6 Tendean. Kemudian dijalan Rafflesia Nusa Indah, di Jalan MT Haryono dan yang di Bandara Fatmawati Bengkulu.  “Kita selalu terbuka untuk UMKM lain memasarkan produknya ditempat kita. Namun ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Maka dari itu kita koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu untuk syaratnya. Seperti mutu, kemasan, sertifikasi produk, label halalnya dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA saat menghadiri launching pemasara produk UMKM Bengkulu yang diselenggarakan oleh pihak Indomaret pada Kamis pagi (14/12) mengatakan, terimaksih kepada pihak Indomaret yang telah memberikan ruang dan space serta kesempatan kepada produk UMKM Bengkulu untuk masuk dalam pemasaran retail modern.

“Ya yang dilakukan Indomaret inikan bentuk perhatian, kepedulian dan komitmen mereka untuk mendukung program pemerintah daerah dalam menciptakan UMKM yang kreatif dan inovatif.  Dan juga ini sebagai kontribusi mereka untuk daerah.  Dengan jalan seperti ini, tentunya produk UMKM kita akan semakin dikenal. Dan perlu diingat juga, dengan kerjasama seperti ini mempercepat akselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi Bengkulu.’’

Plt. Gubernur juga berpesan agar kiranya produk-produk dari Bengkulu juga masuk dalam pasar tradisonal medern, retail besar yang ada di Mall.

“Kita ada pisang Ambon Curup, Kepahiang. Kita ada kripik emping dari Enggano,  jeruk gerga Lebong, rendang lokan Mukomuko dan masih banyak produk dan olahan dari masyarakat Bengkulu yang pemasarannya masih membutuhkan uluran tangan dari pisak swasta, BUMN dan BUMD. Maka dari itu saya minta kepada pada pihak swasta, BUMN dan BUMD ini agar kiranya dapat membantu para pengusaha UMKM seperti halnya yang dilakukan Indomaret ini,” terangnya.

Disisi lain, Ketua Wira Usaha Mandiri Bengkulu, Restu Puspa Yogi merasakan senang atas kesempatan yang diberikan oleh Indomaret. “Kita merasa optimis produk kita mampu bersaing dan  laris. Kita juga bangga atas produk kita yang telah memenuhi kriteria pemasaran yang ditetapkan retail modern,” jelasnya. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

8 + 15 =