Kabupaten Kepahiang Siap Hadapi Bencana Alam

Kabupaten Kepahiang Siap Hadapi Bencana Alam

BERBAGI:

RBO, KEPAHIANG – Kabupaten Kepahiang sudah siap bila terjadi bencana alam di Bumi Sehasen ini, hal itu terlihat dari peralatan tanggap darurat yang di ekspose oleh Pemda Kabupaten Kepahiang dan Polres Kepahiang dalam gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana alam bersama di lapangan lupis komplek perkatoran, Jumat (15/12) pagi.

“Apel gelar pasukan dan peralatan ini merupakan momen yang sangat penting guna mengetahui kesiapan operasional kesatuan baik, TNI, Polri dan Pemda Kepahiang dalam menjalankan tugas mulia mengantisipasi dan penanggulangan bencana alam,”ujar Kapolres Kepahiang AKBP. Pahala Simanjuntak, SH, kemarin.

Melalui gelar pasukan dan peralatan ini diharapkan terwujudnya kesiapsiagaan baik personil Polres Kepahiang, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta intansi terkait lainnya dalam menangani bencana alam di Kabupaten Kepahiang.

“Saat ini kami melihat kesiapsiagaan kesatuan dan personil yang responsif dan adaptif, cara bertindak cepat dan cermat dalam mengantisipasi bencana alam yang mungkin terjadi,”terangnya.

Disampaikannya Kabupaten Kepahiang secara geografis memiliki potensi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan angin puting beliung.

Perlu diketahui lanjut Kabupaten Kepahiang sudah pernah terjadi gempa bumi pada 15 Desember 1979 dengan kekuatan 6,0 SR, tertelak dikoordinat 03,5 LS, 102,4 BT dengan kedalaman 25 KM berpusat di Desa Daspetah. Lalu juga pernah terjadi angin puting beliung pada 24 Februari 2015 di Kecamatan Kabawetan.

“Jadi perlu adanya sinergisitas antar instansi dalam mengantisipasi dan penanganan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Kepahiang,”Kata dia.

Apel dan gelar pasukan serta peralatan ini juga dihadiri oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, Sekda Zamzami Zubir SE MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Dr H Mulya Hudori M Pd, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kepahiang, pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Kepahiang.

Usai gelar pasukan juga diisi dengan pengecekan kelengkapan kendaraan, peralatan dan personil BPBD, Polri, Tagana, Damkar, PMI, Tim Kesehatan.(izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty + ten =