Minim Dukungan Pemerintah, Robot Bengkulu Raih Juara Asean AYRO

Minim Dukungan Pemerintah, Robot Bengkulu Raih Juara Asean AYRO

BERBAGI
RBO/ROCI Salah satu peserta lomba Robotik berhasil meraih juara di Singapura.

 

Ketua Tim: Kami Ingin Bertemu Gubernur Bengkulu

 

RBO >> BENGKULU >>  Peserta Robotic Organizing Committe Indonesia (ROCI) asal Bengkulu walaipun minim dapat dukungan dari pemerintah daerah, namun tak membuat mereka patah semangat. Bahkan, ini menjadi motivasi tersendiri bagi mereka untuk berprestasi. Ini dibuktikan dengan kembalinya mereka  berhasil meraih juara dalam ajang Asian Youth Robot Olympiade (AYRO) tingkat ASEAN di Singapura kemarin. Kegiatan olympiade robotik tersebut berlangsung sejak hari Jumat lalu (15/12) dan berhasil 2 katagori perlombaan.

Dalam perlombaan tersebut ROCI Bengkulu mengirim 7 orang anak didiknya. Adapun peserta yang mengikuti perlombaan tersebut diantaranya SDN 69 Kota Bengkulu 2 orang, SMPN 3 Mukomuko 3 orang, SDN 1 Kaur 1 orang, SD IT Rabbani 1 orang, serta dua  orang pendamping.

Selaku pembina ROCI Bengkulu, Latifah S.Pd mengatakan, “Alhamdulillah kami berhasil mendapat juara lagi di ajang Robotik. Kali ini kami berhasil meraih juara ditingkat Asean yang dilaksanakan di Singapura,” ujar Latifah yang juga guru SDN 9 Kota Bengkulu ini.

Adapun juara yang berhasil diraih oleh anak-anak ROCI Bengkulu, Juara 1 Katagori Maze Solving MRT Junior diraih oleh Tim SDN 69 Kota Bengkulu, Juara 2 Katagori Maze Solving MRT senior dari Tim SMPN 03 Mukomuko, dan juara 2 katagori Breakspeed Junior dari SDN 1 Kaur dan SD IT Rabbani Kota Bengkulu.

Latifah juga menambahakan, setelah pulang dari Singapur, anak-anak akan membawa piala tersebut ke kantor Gubernur dan mengucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur, sebagai wujud syukur telah meraih juara dalam ajang lomba ini.

“Kami berharap Pak Gubernur bisa  terima kami hari ini. Suatu kehormatan jika kami dan anak-anak Bengkulu bisa bertemu Gubernur. Sebab beliau sangat mendukung sejak kami berangkat,” harap Latifah.

Perlu kita ketahui, kegiatan perlombaan tersebut berlangsung di 20A Siglap Road Singapura (sekolah Indonesia Singapura). Olimpiade tersebut juga diikuti empat negara yang tergabung dalam ASEAN. Yaitu, Indonesia, Singapura, India dan Malaysia dengan jumlah peserta mencapai 800 orang.

Terpisah, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sangat mengaperisasi keberhasilan tersebut. “Teruslah berprestasi sampai dunia mengakui bahwa  kita memiliki kemampuan untuk memberi warna yg positif kepada dunia. Jangan cepat puas dengan apa yg sudah dicapai dan juga jangan pernah menyerah dalam kondisi sesulit apapun. Teruslah bersusaha dengan penuh kesungguhan dan jangan lupa bedoa agar mendapatkan ridhonya.” (sir2/yar/run)