Sekda Dilantik Pembangunan Bisa Cepat

Sekda Dilantik Pembangunan Bisa Cepat

BERBAGI
Ronal/RBO: Plt Gub melantik Sekda Definitif Provinsi Bengkulu

Pejabat Lainnya Dievaluasi Lalu Nyusul

RBO, BENGKULUAlhamdulillah! Posisi jabatan strategis yakni Seketaris Pemda Provinsi Bengkulu akhirnya dilantik resmi. Jabatan itu diduduki oleh Nopian Andusti SE, MSP. Kemarin Senin (18/12), pelantikan dan SK itu resmi dibacakan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah, MMA. Sekadar mengingat, penetapan jabatan ini cukup memakan waktu lama. Diketahui akhir Sekda definitif tersebut sebelumnya diduduki oleh Mantan Sekda Pemda Provinsi Bengkulu era Agusrin Najamudin yakni Asnawai Lamat. Setelah itu posisinya diganti oleh Sumardi yang menjadi Pelaksana Tugas jabatan, tak lama kemudian pada era Junaidi Hamsyah jabatan itu digantikan oleh Herry Syahriar dan Sudoto. Namun terjadi kembali pergantian yang sama masih berstatus pelaksana tugas. Hingga akhirnya, keputusan Kemendagri memutuskan untuk definitif. Sehingga pembangunan Bengkulu bisa lebih cepat tanpa banyak kendala seperti selama ini.
“Jabatan ini sangat strategis. Seluruh fungsi harus dimanfaatkan dengan baik selain itu OPD lain titik sentral merupakan Sekda. Tentunya dapat membantu roda birokasi pemerintahan ini dengan baik. Berkerja dengan sistem bukan bekerja dengan informasi orang lain. Hanya sistem lah yang jujur, informasi tidak. Kemudian kemampuan manajerial, menemukan OPD dan mitra kerja lainnya. Membangun organisasi masyarakat lainnya ini harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Hingga jangan menyampaikan informasi yang bias. Terkait jabatan yang masih kosong, nanti akan kita bicarakan. Kita bentuk baperjakat, silakan dievaluasi sesuai dari rekomendasi KASN. Persetujuan Mendagri sudah keluar, maka saya meminta segera ini agar ada solusinya,” terangnya.
Dalam akhir wawancara ke beberapa awak media Plt Gub juga meminta agar pihak seketariat daerah agar dapat lebih efektif. Dirinya enggan kerap terjadi keterlambatan beberapa administrasi lainnya.
“Saya tidak ingin lagi jika banyak terjadi keterlambatan administrasi. Persiapan apapun ketika akan ada kegiatan saya harap harus sudah siap sebelumnya,” tegasnya. Sementara itu, Nopian yang sudah resmi dilantik menjadi Seketaris Daerah akan melakukan tugas pada posisi jabatannya. Menurutnya, sementara ini dirinya ingin melihat kondisi pemerintahan saat ini.
“Kita akan pelajari dahulu kondisi birokasi saat ini. Jika mengetahui seperti apa kedepan, tentu saya membantu tugas Gubernur. Yang penting sementara ini saya masih mempelajari birokasi pemda provinsi Bengkulu, dari hal itu. Maupun masukan lainnya itu akan menjadi bahan kita untuk menentukan langkah kedepan,” terangnya. Nopian Andusti sendiri diketahui merupakan pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan. Terakhir ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A).
Putra asli Bengkulu Selatan yang lahir 7 November 1967 ini menempuh pendidikan strata satu di Universitas Bengkulu Fakultas Ekomoni. Lalu melanjutkan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan program studi Perencanaan Wilayan dan Kota.
Adapun jabatan yang pernah diemban di Bengkulu Selatan cukup banyak, mulai dari kepala pelaksana BPBD Bengkulu Selatan, kepala badan PMD Bengkulu Selatan, kepala dinas Koperindag Bengkulu Selatan, kepala kantor Pemberdayaan Masyarakat Bengkulu Selatan, hingga staf ahli Pemkab Bengkulu Selatan. (run)