Sekolah Mulai Pakai Rapor Online

Sekolah Mulai Pakai Rapor Online

BERBAGI

RBO, BENGKULU – Kabid Dikdas Disdikbud Kota Bengkulu, Zainal Azmi menerangkan, para guru di sekolah-sekolah di Kota Bengkulu secara perlahan sebagian sudah menerapkan sistem E-rapport atau rapor online.

Ditambahkan, E-Raport ini merupakan sebuah sistem yang bisa digunakan untuk menginput dan mengolah nilai para siswa, bahkan hingga mencetak rapor secara fisik.

“Dengan basisnya yang online, tidak hanya di sekolah, tetapi guru juga bisa memasukkan nilai dari manapun dan kapanpun. Misalnya guru sedang diklat ke luar kota, nilainya tetap bisa diinput secara langsung,” terangnya, kemarin (21/12).

Ditambahkan, guna memudahkan para guru saat menginput nilai siswa yang cukup banyak, sistem ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah file dengan format excel yang berisi nilai siswa yang sudah dimasukkan sebelumnya.

“Tak hanya nilai, guru juga bisa menginput profil data sekolah, guru dan staf, siswa, dan mata pelajaran melalui sistem tersebut,” ulasnya.

Dengan begitu, lanjutnya, guru pun bisa mencari informasi lebih mudah. Hanya dengan memasukkan keyword dari apa yang ingin dicarinya.

“E-rapport ini bergantung pada internet. Sebagian sekolah kan sudah ada IndiHome dan lain-lain, terutama sekolah unggul di Bengkulu,” terangnya.

Sementara itu, jika koneksi tersebut sedang bermasalah, guru cukup menggunakan paket data dari ponsel untuk bisa mengakses sistem.

“Inikan basisnya bukan video. Pakai thetering dari handphone saja sudah cukup sekali,” jelasnya.

Dengan adanya e-rapport, tidak ada alasan lagi bagi guru untuk terlambat menginput nilai. Nilai-nilai itu sudah bisa masuk tepat waktu dan siap dibagikan atau diinformasikan ke anak-anak maupun orang tua. (ags)