DPC PKB Kota Bengkulu Buka Pendaftaran Bacaleg,Ayo Daftar

DPC PKB Kota Bengkulu Buka Pendaftaran Bacaleg,Ayo Daftar

BERBAGI
Mantan birokrat Kota Bengkulu saat mendaftar menjadi bakal calon legislatif di PKB Kota

RBO,BENGKULU – DPC PKB Bengkulu telah resmi membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berkiprah dilegislatif. Cara dan syarat yang harus dipenuhi masyarakat yang ingin menjadi calon legislatif dari PKB sangat tidak memberatkan. Terpenting, masyarakat tidak pernah terlibat kasus hukum dan tidak ketergantungan narkoba.

“Kita menganut sistem keterbukaan informasi, artinya DPC PKB Bengkulu membuka kesempatan bagi semua masyarakat yang ingin berkiprah dipolitik dengan tujuan membawa misi yang baik untuk Kota ini. Syarat utama, bacaleg tidak ketergantungan obat terlarang dan belum pernah bermasalah hukum. Silahkan datangi kantor PKB kota yang beralamatkan jalan Ratu Agung RT 2 kelurahan Anggut Kota Bengkulu, ambil formulir pendaftaran tidak dikenakan biaya apapun,” sampai Ketua DPC PKB Bengkulu Iswandi Ruslan S.Sos.

Lebih jauh disampaikan pula bahwa khusus untuk seluruh kader PKB diharuskan untuk terlibat dalam proses pencalegan,artinya kader diminta untuk ambil formulir pendaftaran.

“Kepedulian kader untuk membesarkan partai ingin kita lihat disini. Kami sudah umumkan agar kader ikut serta dalam proses ini,” sambung Dia

Untuk diketahui bahwa proses dan tahapan seleksi Bacaleg PKB dimulai dari pendaftaran yang dibuka mulai 11 Desember 2017 sampai dengan 25 Desember 2017. Lalu seleksi adminitrasi 26 Desember 2017 sampai 5 Februari 2018. DPC PKB juga akan lakukan fit dan propertes dimulai 6 sampai 13 Februari 2018. Lalu tahapan Uji publik dan penugasan yang dilangsungkan 14 Februari sampai 16 Mei 2018.

Dilanjutkan dengan evaluasi kinerja Bacaleg pada 17 Mei sampai 17 Juni. Lalu pemenuhan kelengkapan adminitrasi Bacaleg mulai 17 sampai 30 Juni.

“Setelah semua dilalui maka Bacaleg yang telah penuhi syarat akan kita daftarkan ke KPU mulai 4 sampai 17 Juli. Setelah itu menunggu penyusunan DPC oleh KPU. Hingga akhirnya dilakukan penetapan daftar caleg oleh KPU pada 20 September 2018,” jelas Iswandi.

Disarankan kepada masyarakat yang berminat agar datang langsung ke DPC PKB, sehingga masyarakat mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap dari petugas.

“Supaya lebih jelas ya datang saja ke kantor, disitu sudah ada petugas yang siap dijam kerja,” tutup Dia.

Berikut syarat adminitrasi yang di cantumkan dalam spanduk antara lain pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran dan disertai materai, siapkan pas foto warna ukuran 4×6 hard file dan soft file, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTA, Fotokopi e KTP, Fotokopi KK, Fakta integritas, curiculum vitae, syarat ketentuan yang ditetapkan KPU.

Sementara itu salah seorang pendaftar,Dameri Efendi mengatakan dirinya tertarik ikut pencalegan karena ingin ikut andil membangun Kota Bengkulu. Mantan kepala PBK Kota ini menambahkan bahwa keluarga besarnya memang sejak dulu selalu sejalan dengan PKB.
“Saya ingin mengabdi,saya mantan birokrat dan ingin berkiprah dilegislatif. Semoga niat ini diridhoi masyarakat kota Bengkulu,” harap Dia.(lay)