Ini 10 Tempat Terlarang Nyalakan Kembang Api

Ini 10 Tempat Terlarang Nyalakan Kembang Api

Gambar ilustrasi Kembang api
BERBAGI:

RBO, KEPAHIANG – Kapolres Kepahiang AKBP. Pahala Simanjuntak, SIK, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api pada perayaan tahun baru 2018 mendatang ditempat-tempat yang terlarang.

Menurut Kapolres Kepahiang pengunaan kembang api dan petasan diatur dalam undang-undang bunga api tahun 1932; lembaran negera No 41 tahun 1940 tentang pelaksanaan Undang-Undang Bunga Api tahun 1939, pasal 2; Undang-Undang Darurat No. 12 Tahun 1951; pasal 359 KUHP, serta peraturan Kapolri No. 02 tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial.

“Dilarang mengunakan bunga api yang berukuran 2 inci- 8 inci dan kandungan mesiu 20, karena semua itu harus izin kepolisian,”kata Kapolres Kepahiang, dalam maklumatnya tertanggal 27 Desember 2017.

Adapun tempat yang dilarang menyalakan kembang api adalah tempat ibadah, sekolah, perumahan/pemukiman, rumah sakit, terminal, bandara, kantor pemerintah/swasta, pusat pembelanjaan dan bank.

“Apabila ketentuan-ketentuan diatas dilanggar, makan pelakunya dapat dikenakan pidana,”Kata Pahala.

Untuk menindaklanjuti aturan tersebut, Kapolres menyatakan pihaknya akan melakukan razia pada tempat-tempat penjualan kembang api diwilayah hukum Polres Kepahiang.

“Petasan dilarang diperjualbelikan oleh pedagang, maka dari itu kita akan mengelar razia terhadap pedagang petasan maupun kembang api,”tutupnya. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five × one =