8-10 Januari Paslon Independen Juga Harus Daftar

8-10 Januari Paslon Independen Juga Harus Daftar

BERBAGI
Iwan/RBO M Alim MS S.Sos

M Alim : Lengkapi Syarat Pencalonan dan Calon

RBO >>  BENGKULU >>  Tanggal 8,9 dan 10 Januari pihak penyelenggara pemilu KPU Kota Bengkulu secara resmi akan menerima pendaftaran untuk kandidat bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu periode  2018-2023. Dan saat masa pendaftaran tersebut bukan hanya bakal Paslon jalur Parpol, tetapi yang akan maju lewat jalur perorangan atau independen juga harus ikut mendaftar.

    “Kita sudah mengumumkan akan dibukanya pendaftaran sejak tanggal 1 hingga 7 Januari. Dan tanggal 8,9 dan 10 kita mulai menerima pendaftaran pasangan bakal calon. Bukan hanya Paslon yang akan didaftarkan oleh Parpol, Paslon jalur independen juga harus ikut mendaftar dengan melengkapi syarat pencalonan dan syarat calon,” ungkap anggota Divisi Tekhnis dan Penyelenggara KPU Kota Bengkulu, M. Alim MS, S.Sos saat ditemui diruangannya, Rabu (3/1).

   Dijelaskan oleh Alim, syarat pencalonan dan syarat calon itu beda. Kalau pencalonan itu yang diusung oleh Parpol, kemudian satu lagi syarat pencalonan yang didukung perorangan. Kalau syarat calon itu terkait pribadi kandidat.

    “Pada saat pendaftaran nanti, komunikasi dengan LO, kedatangan Paslon, sampai sekarang kita belum ada yang koordinasi. Mungkin jelang dua hari dibukanya pendaftaran baru kandidat atau LO nya berkoordinasi dengan kita,” jelasnya.

   Selain itu, harapan mereka lanjut Alim, kedatangan kandidat Paslon beserta rombongan ke KPU nanti jangan berbarengan.  Mereka tidak membatasi kedatangan rombongan. Hanya saja untuk yang masuk kedalam saat penyerahan pendaftaran itu hanya 25 orang. “Yang jelas sesuai PKPU yang datang itu bakal pasangan calon ketika mendaftarkan diri. Kemudian termasuk Parpol pengusung. Saat masuk ruangan itu kita batasi maksimal 25 orang. Selain kandidat, itu Parpol pengusung, serta keluarga,” urainya.

   Dan untuk masa pendaftaran nanti, tanggal 8 dan 9 itu dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup hingga pukul 16.00 WIB.

    “Akan tetapi untuk hari terakhir itu kita buka dari pagi dan tutup sampai pukul 24.00 WIB tanggal 10,” pungkasnya. (idn)