Prof H. Sirajuddin : Kita Perlu Hijrah Qalbiyah

Prof H. Sirajuddin : Kita Perlu Hijrah Qalbiyah

Prof H. Sirajuddin
BERBAGI:

IAIN Bengkulu Terapkan Pesan Menteri Agama RI

RBO, BENGKULU – Civitas dan akademika IAIN Bengkulu menerapkan dan mengikuti pesan yang disampaikan Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Syafuddin dalam HAB ( Hari Amal Bhakti) Kemenag RI ke 72 tahun. Menurut Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH saat ini perlu dilakukan Hijrah Qalbiyah. Setiap tahun IAIN Bengkulu mengadakan beragam kegiatan dalam memperingati HAB.
Sirajuddin usai melaksanakan upacara HAB ke 72 tahun di halaman Rektorat IAIN (3/12) mengatakan, sesuai dengan tema HAB tahun ini yakni “Tebarkan Kedamaian,” IAIN telah menjalankannya.

“Ya sesuai dengan tema, kita sebagai masyarakat kampus telah menjalankan fungsi kita. Baik itu dari dosen dan mahasiswa dalam menebarkan kedamaian. Disini kita ambil porsi, kita sebagai tauladan, pelopor dalam menebarkan kedamian. Yang kita bisa kita lakukan saat ini dalam menjaga kedamaian adalah dengan melakukan hijrah qalbyiah. Dimana hijrah ini kita melakukan perubahan dari mental dan prilaku yang buruk ke baik, perbaikan akhlak atau yang lebih dikenal hijrah qalbiyah ini adalah revolusi mental. Saat ini, inilah yang perlu kita pupuk. Karena, semua sumber masalah datangnya dari mental, prilaku dan akhlak yang tidak baik,” katanya.
Hijrah ini, lanjutnya, dibagi menjadi dua bagian. Yakni hijrah “Badaniah”, dan hijrah “Qalbiyah”. Hijrah Badaniah yaitu hijrah menggunakan kekuatan fisik. Dengan berpindah dari satu daerah atau tempat lain. Seperti halnya yang dilakukan Rasul dari Mekkah ke Madinah. Sedangkan hijrah Qalbiyah ini adalah hijrah yang didasari oleh keyakinan dan hati nurani. Hijrah ini dilakukan tanpa pindah dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi pindah dari kondisi batin yang tidak sehat berupa kemaksiatan, kejahatan, dan kemungkaran kepada sikap batin yang baik yang diridai Allah Swt.

Disisi lai, IAIN Bengkulu setiap tahunnya melaksanakan perintah Hari Amal Bhakti ke 72 tahun. Beragam aktivitas lomba yang dapat mempererat tali silaturahim, kekompakan kerja dilakukan IAIN Bengkulu.
Adapun berapa rangkaian kegiatan yang dilakukan IAIN Bengkulu dalam peringatan HAB, yakni lomba tenis meja, badminton, lomba domino. (ae2).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

sixteen + 1 =