Bupati Kepahiang “Kaget” Ada Acara Pancung Tebu

Bupati Kepahiang “Kaget” Ada Acara Pancung Tebu

Ikrok/RBI Bupati Kepahiang saat melakukan upacara pancung tebu sebelum digelar upacara HUT Kabupaten Kepahiang, Senin (8/1) pagi.
BERBAGI:

Awali Upacara HUT Kepahaing

RBO >> KEPAHIANG >>  Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepahiang tahun ini ada yang beda. Dimana sebelum upacara dimulai ada agenda pancung batang tebu oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM.

Pantauan Jurnalis RADAR BENGKULU, awalnya Bupati Kepahiang dan pejabat serta tamu undangan turun dari mobil disambut tarian adat sekapur sirih. Lalu rombongan berjalan diatas karpet merah menuju panggung upacara. Tepat di depan panggung utama disiapkan serumpun tebu, bercampur pisang, pinang, sirih dan buah lainnya. Terakhir bupati diserahkan pedang dan memacung tebu, baru bupati dan rombongan naik panggung untuk memulai upacara bendera. Tekait hal itu Bupati mengaku kaget karena pertama kali ada di Kabupaten Kepahiang.

“Terus terang saja, ini pertama kali.  Saya jujur kok ada ginian,”terang Bupati masih penuh keheranan.

Ditegaskannya, adanya pemancungan tebu itu bukan inisiatif dirinya. Tetapi berasal dari panitia dan pemuka adat. Sehingga dirinya tidak mengetahui arti serimonial pemancungan tebu dimaksud.

“Tapi betul bukan dari saya inisiatifnya. Mungkin dari yang lain. Saya bukan merencanakannya,”tuturnya.

Pada upacara HUT ke 14 Kabupaten Kepahiang ini Bupati menyampaikan beberapa hal yang sudah dicapai selama 2 tahun terakhir. Salah satunya melakukan penertiban aset yang selama ini terbengkalai.

“Selama 2 tahun ini kita sudah sertifikati 123 aset. Selain itu kita juga masih kerja keras untuk sertifikati komplek perkantor,”ungkapnya.

Terakhir beliau menyampaikan pada tahun 2018 ini, Pemda Kepahiang akan fokus pada program infrastruktur dasar. Seperti jalan. Selain itu ada juga program 3,5 juta batang bibit kopi steck untuk petani.

“Bibit tersebut berada dari APBD Kepahiang sebanyak 1.000.000 juta batang. Dari APBD Provinsi 1.100.000 batang, APBN sebanyak 900.000 batang,”jelasnya.

Pantauan jurnalis RADAR BENGKULU upacara HUT Kabupaten Kepahiang berjalan sukses dan khitmat. Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Kepahiang dan diikuti oleh ASN Kabupaten Kepahiang serta dihadiri oleh tamu dari daerah tetangga. Seperti Bupati Rejang Lebong, Wakil Bupati Musi Rawas, Asisten Pemkab Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Pemkab Lebong, Pemkab, Mukomuko, Pemkab Bengkulu Utara, Seluma dan Kabupaten tetangga lainnya. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven + three =