Stok Daging Murah Berkualitas Bulog Tiba, Uji Lab Dulu, Baru Beredar

Stok Daging Murah Berkualitas Bulog Tiba, Uji Lab Dulu, Baru Beredar

42
BERBAGI
ADIT/RBO: Daging kerbau dari Bulog siap didistribusikan ke masyarakat

RBO, BENGKULU – Daging murah kualitas terbaik dan aman dikonsumsi dari Bulog tiba di Divre (Divisi Regional) Bulog (Badan Urusan Logistik) Bengkulu. Tiga Ton daging beku dari Bulog akan dites dan diuji terlebih dahulu di Laboratorium sebelum diedarkan ke masyarakat. Memenuhi kebutuhan dan ketersediaan daging, Bulog Divre Bengkulu akan meningkatkan kapasitas frezeer pendingin di gudang Bulog.

Kepala Divre Bulog Bengkulu, Dedi Saberta melalui Kepala Bidang Komersial dan PB Danurdoto Anindito mengatakan, kemarin (10/1) pengiriman daging dari pusat tiba di kantor Bulog Bengkulu. Ada tiga ton daging yang baru sampai ini. Daging beku milik Bulog ini adalah daging kerbau, bukan daging sapi.

“Sebelum diedarkan atau didistribusikan ke daerah, daging kerbau ini telah lulus uji lab di negara asalnya dan di Jakarta. Setelah tiba di Bengkulu, kita uji lagi untuk mengetahui kondisi dan kualitas daging. Dan terutama pengujian lab yang kita lakukan ini adalah untuk menghindari daging yang mengandung bakteri dan pastikan tidak mengandung formalin,” terangnya.

Didampingi Kasi Sekretariat dan Humas Ega Sugama, Danur menambahkan, daging kerbau beku Bulog ini rasa dan kualitasnya tak kalah dengan daging sapi yang dijual dipasaran. Dengan begitu, tentu lebih ekonomis daging Bulog dan pasti untung. Karena selisih harganya yang lumayan, sekitar Rp 40 ribu. Sebagai perbandingannya daging yang disediakan oleh Bulog dijual dengan harga Rp 80 ribu per KG. Sedangkan daging sapi mencapai Rp 120 per KG.

Danur juga mengatakan, Bulog Divre Bengkulu terus berupaya memenuhi kebutuhan konsumsi daging di Bengkulu yang mencapai 15 ton daging perbulan. “Sebentar lagi kapasitas penyimpanan daging di gudang milik kita akan bertambah. Semulanya hanya dapat menampung tiga ton. Namun dalam waktu dekat dalam tahun ini juga kita akan memiliki tempat penyimpanan daging berkapasistas 12 ton, dan itu frexeernya sebagian sudah sampai di gudang Bulog Bengkulu. Hal ini kita lakukan sebagai upaya penyediaan daging berkualitas dan murah untuk masyarakat Bengkulu,” katanya.

Untuk diketahui, Bulog Divre Bengkulu membatasi penjualan daging. Bagi masyarakat yang ingin membeli daging di kantor Bulog dibatasi maksimal 2 Kg. Selanjutnya pembelian daging lebih dilakukan di Rumah Pangan Kita (RPK). Tujuan dari ini adalah untuk menghindari kecurangan dilapangan yang dipermainkan oleh oknum untuk mencari keuntungan dengan mengoplos daging kerbau dengan sapi.
Sementara itu, salah seorang guru di Kota Bengkulu yang enggan namanya disebutkan, saat ingin membeli daging di kantor Bulog dijalan Pembangunan Kota Bengkulu mengatakan, “Saya rutin membeli daging disini. Karena harganya murah dan kualitas dagingnya bagus. Dan yang membuat saya percaya mengkonsumsi daging ini meskipun daging beku ialah karena daging ini terlebih dahulu diuji lab. Ya seperti yang kita ketahui bahwa telah lulus uji laboratorium ini tandanya aman dikonsumsi. Namun dibalik murah dan berkualitasnya daging ini bagi saya ada sedikit masukan. Hendaknya daging ini bisa kami beli seperti dipasar, yang bisa dipilih isinya. Kalau di Bulog kan tidak. Daging yang kami beli itu sudah terbungkus rapi.”

Disisi lain, daging kerbau dari Bulog ini sangat aman dikonsumsi. Cara yang bisa dilakukan masyarakat sebelum mengkonsumsi daging ini ialah jangan direndam dengan air panas ataupun dingin. Pencairan daging beku ini cukup hanya didiamkan saja selama kurang lebih enam jam. Tujuan menghindari daging dari rendaman air ini adalah agar daging dan kandungan nilai gizinya tak rusak. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × 2 =