Calon Walikota Masih Bisa Ganti Pasangan

Calon Walikota Masih Bisa Ganti Pasangan

BERBAGI:

Siapa Gugur Harus Bersedia di Ganti

RBO, BENGKULU – Calon Walikota Bengkulu masih bisa menggantikan pasangannya. Jika hasil tes kesehatan yang diumumkan besok Selasa ada yang gugur. Sebaliknya calon walikotanya juga bisa diganti dan wakilnya tetap.
Menurut Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah S.Pd, M.Si jika memang dari hasil pemeriksaan kesehatan ternyata tim IDI, Himpsi serta BNN memplenokan ada kandidat yang tidak lolos, maka bisa diajukan ganti kandidat lainnya sebagai ganti. Namun tetap harus dites lagi.
“Jika memang nanti ada yang tidak lolos, maka bisa diajukan pergantian kandidat calonnya. Misalnya jika Calon Wakil Walikotanya tidak lolos maka Parpol dan Calon Walikotanya bisa mengajukan nama kandidat lainnya untuk pengganti,” ungkap Darlinsyah, kemarin.
Dikatakan oleh Darlinsyah, memang seperti pada Pilkada Bupati Benteng tahun 2017 lalu, itu ada peserta bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang belum lulus kesehatan, dan bisa dilakukan pergantian. “Jangankan masih bakal calon. Sudah menjadi calon saja masih bisa diganti, tapi dengan prosedur yang ada. Misalnya berhalangan tetap, seperti meninggal dan halangan tetap lainnya. Tapi kalau alasan pergantiannya tidak berhalangan tetap, ketika sudah ditetapkan calon maka tidak bisa lagi diganti lagi,” katanya.
Sebelumnya berulang kali Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah menegaskan bahwa dalam menentukan lulus tidaknya bakal calon ketika tes kesehatan itu bukan karena yang lainnya melainkan karena dirinya sendiri.
“Sebab itu, kepada para kandidat ikutilah tahapan sesuai proses dan lulus tidaknya itu karena diri anda sendiri bukan karena orang lain,” pungkasnya.(idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four × four =