Kapolda Panen & Tanam Raya Bawang Merah RL

Kapolda Panen & Tanam Raya Bawang Merah RL

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, CURUP – Polisi hebat. Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M.Hum, menggelar panen dan tanam raya bawang merah di Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (16/01) siang.
Panen dan tanam budidaya bawang merah hasil binaan Bripka R. Pasaribu, SH, anggota dari Polsek Bermani Ulu ini dihadiri oleh pejabat utama (PJU) Polda Bengkulu dan Kapolres RL, serta PJU Polres RL jajaran. Selain panen dan tanam raya budidaya bawang merah juga digelar bakti sosial seperti sunatan massa dan pengobatan gratis untuk warga setempat.
“Kami datang kesini untuk membuktikan bahwa Bhabinkamtibmas bisa bersatu dengan masyarakat, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kapolda Bengkulu mengawali sambutannya, kemarin.
Selanjutnya disampaikan Kapolda, bahwa Polri wajib ikut serta dalam upaya melakukan stabilitas pangan di tempat kerjanya. Karena saat ini pangan Indonesia dalam kondisi tidak stabil.
“Ini salah satu upaya stabilitas pangan, kita ketahui saat ini pangan kita melemah, kedelai kita impor terus, beras saat ini jadi polemik,” ungkapnya.
Jadi tambahnya upaya budidaya seperti ini sangat bagus dikembangan pada setiap desa. Karena bila masyarakat fokus dengan kerjaan. Hal ini baik dikembangan pada setiap desa yang ada di Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.
“Program ini bisa dikembangkan tingkat-tingkat desa, harapan kita desa ini jadi desa penghasil bawang terbaik se-sumatera,” harap Coki.

Awal Bibit 10 Kg dari Medan
Bhabinkamtibmas Bripka R Pasaribu, SH, inovasi ini berawal dari keluhan masyarakat saat dirinya ditugaskan, lalu dirinya mengajukan problem solving atau pemecahan masalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membentuk kelompok tani bawang merah bernama Poktan Sidomulyo.
“Awalnya saya ambil bibit bawang dari Medan 10 kg, lalu ditanam disini dan kembangan, akhir panen 1 ton, terakhir kami kembangkan dilahan seluas 1,5 hektar dan hasil penen terakhir sudah 5 ton,” tutur R. Pasaribu.
Ditempat yang sama Kepala Desa Purwodadi, Riadi, mengucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian yang sudah bersatu dengan masyarakat dalam peningkatan perekonomian.
“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa memberikan barokah kepada kelompok tani di desa kami,” ungkapnya.
Riadi mengatakan selama satu tahun ini Poktan Sidomulyo sudah berhasil meningkatkan hasil panennya. Awalnya bibit 10 Kg panen 1 Ton, lalu berkembang jadi 5 ton perkali panen.
“Hasil ini kebanggaan bagi kami. Harapan saya dukungan Kapolda semoga para petani bisa berjalan dan usaha lebih baik lagi. Tanam bawang ini bisa berkembang di kecamatan Bermani ulu dan Bermani Ulu Raya,” harap kades. (Izu)