Linierkan Pendidikan di UPBJJ UT Bengkulu

Linierkan Pendidikan di UPBJJ UT Bengkulu

BERBAGI
ADIT/RBO: Mahasiswa mendaftar dan meregistrasi ulang di Kampus UT di Jalan Sadang Kota Bengkulu
BERBAGI:

 

RBO, BENGKULU – Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Bengkulu memberikan kesempatan kepada guru PAUD dan guru SD untuk melinierkan pendidikan. Jadwal Pendaftaran Sarajana dan Diploma (Non PGSD dan PGPAUD) berakhir besok (17 Januari) 2018. Sedangkan untuk PGSD dan PGPAUD pendaftran tutup hingga 21 Febuari 2018.

ADIT/RBO: Koordinator registrasi ujian UT – Lina Asnamawati

Ditemui diruang kerjanya (15/1), Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati melalui Koordinator Registrasi Ujian Lina Asnamawati, M.Si mengatakan, untuk persyaratannya sangat mudah sekali. Bagi calon mahasiswa Prodi non PGSD dan PGPAUD hanya lampirkan ijazah terakhir yang dilegalisir, isi formulir dan surat pernyataan. Sedangkan PGSD dan PGPAUD ditambah dengan surat keterangan mengajar dan form penilaian guru dan yang daftar juga harus guru dalam jabatan.

“Kita ada program PGPAUD dan PGSD BI (Berbagai Ilmu). Ini Pogram S1. Program ini dikhususkan bagi guru PGSD dan PGPAUD yang belum linear pendidikannya. Sebagai contoh sarjana ekonomi, manajemen, sosiologi, hukum dan ilmu lainnya yang bukan sarjana pendidikan, tetapi Ia mengajar di PAUD atau SD. Nah, untuk melinearkan pendidikannya, para guru tersebut bisa mengambil PGPAUD dan PGSD BI (Berbagai Ilmu) di UT. Berdasarkan izin dari pemerintah pusat, Program PGPAUD dan PGSD BI ini hanya ada di UT Bengkulu. Nah, jika ada guru tamatan PAUD, tamatan SMA yang ingin kuliah juga di UT harus berstatus guru dalam jabatan, punya surat keterangan mengajar dan dia akan kuliah 9 semester. Lebih banyak semesternya karena dari SMA dan akan lebih banyak mata kuliah yang akan diambil ,” jelasnya.

Kemudian Lina menambahkan, program ini kuliahnya singkat dan sangat terjangkau. Hanya tiga semestar saja dengan biaya SPP persemesternya hanya Rp 2,7 juta untuk PGSD dan untuk PGPAUD biayanya Rp3,3 juta persemester. Biaya PGPAUD ini sedikit lebih besar karena banyak praktik saat kuliah.

“Bagi mahasiswa PGSD dan PGPAUD ini yang lulus nantinya mereka diwisuda juga. Dapat ijazah juga dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan. Program ini sangat baik bagi guru yang pendidikannya belum linear. Karena, dapat mempengaruhi kariernya ke masa depan dan sesuai juga dengan aturan pemerintah terbaru,” terangnya.
Disisi lain, dikonfirmasi oleh Jurnalis Radar Bengkulu, Ketua IGTK PGRI Provinsi Bengkulu, Wisna, S.Pd mengatakan, diwilayah Bengkulu masih banyak guru PAUD dan TK yang pendidikannya belum liniear. Ada yang basicnya sarjana pertanian, biologi dan lainnya. Masih ada sekitar 40 persen lebih. Ya, saya sebagai ketua organisasi profesi mereka ini mengarahkan untuk kuliah di UT melalui program PGPAUD BI. Rekomendasi saya kepada guru PAUD yang ingin meliniearkan pendidikannya ini ke UT di dasari karena UT adalah satu – satunya yang memiliki program tersebut dan jelas kualitasnya. Karena UT ini sudah terakreditasi BANPT, ISO sertifitkat dan memenuhi standart internasional. Dengan lanjut studi disini, para guru ini tak khawatir akan keabsahan ijazahnya untuk berkarier.
Dasar selanjutnya adalah kuliahnya dalam waktu singkat dan tidak mengganggu jam belajar mengajar. Selanjutnya adalah kuliah di UT ini terjangkau dan bisa dilakukan oleh guru dimana saja berada, bahkan dipelsok desa sekalipun. Karena, hampir semua belajar mengajar di UT ini menggunakan digital,” demkian kata Wisna. (ae2)