Giliran Detik-Detik Mutasi Kepala SLTA

Giliran Detik-Detik Mutasi Kepala SLTA

BERBAGI
Ilustrasi Mutasi Kepsek
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Nasib ratusan kepala sekolah tingkat SLTA sederajat di Provinsi Bengkulu menghitung hari. Setelah mutasi eselon II Jumat lalu, berikutnya giliran Kepsek yang dimutasi. Kini menunggu hasil evaluasi yang dilakukan oleh pengawas di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt.Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, MMA kemarin (16/1)

“Terkait mutasi kepala sekolah, saya katakan kemarin ajak rapat dulu pengawas. Jadi Korwas seluruh setiap wilayah mereka yang tahu persis, kepala sekolah mana yang pantas dan bisa dipertahankan,” tegasnya, kemarin.

“Misal, karena prestasinya kerjanya baik, serta mana kepala sekolah yang kosong dan harus segera diisi dan mana yang layak menjadi kepala sekolah, nanti kita dengar dulu laporan dari pengawas,” tambahnya.

Dijelaskan, banyak hal yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan, apakah kepala sekolah yang menjabat sekarang ini masih Layak mempertahankan jabatan yang diembannya saat ini atau tidak? Diantaranya harus memiliki kinerja dan etos kerja yang baik.

“Saya kira tes tertulis kemarin bisa dijadikan sebagai salah satu variabel. Tetapi yang lain seperti kemampuan memagerial, kemampuan menggerakkan dalam tim, bentuk-bentuk kecerdasan sosial cavital mereka dalam memimpin itu yang lebih penting agar kita bisa mendapatkan kepala sekolah yang betul-betul bisa menjadi leader di unit fungsi satuan sekolah itu,” terangnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kapan Pemprov Bengkulu merencanakan mutasi, Rohidin masih enggan membeberkannya.

“Kalau yang kosong saya kira harus disegerakan. Tapi kalau masih ada kepala sekolah dan rentan jabatannya masih ada saya kira lanjutkan dulu. Kita lihat dulu, yang jelas saya mau dengar pendapat dari pengawas dulu, itu aja, karena mereka yang tahu persis,” pungkasnya. (ags)