Dewan Kota Bengkulu Belum Gajian

Dewan Kota Bengkulu Belum Gajian

BERBAGI
Iwan/RBO Iswandi Ruslan
BERBAGI:

RBO >> BENGKULU >>  Hingga 17 Januari 2018, ternyata wakil rakyat yang duduk di lembaga DPRD Kota belum terima gaji. Menurut beberapa sumber jurnalis, hal itu terjadi lantaran belum terbitnya Peraturan Walikota terkait gaji. Akibat dari itu, sejumlah anggota dewan dikabarkan telah mengeluh situasi tersebut.

      Menurut Ketua Komisi Tiga DPRD Kota Sudisman bahwa berdasarkan informasi yang dirinya dapat, terlambatnya gaji dewan salah satunya disebabkan ada keterkaitan antara perwal dengan kemampuan keuangan daerah kota Bengkulu.

      “Jadi dalam penentuan perhitungan penerimaan anggota dewan, dimana kemampuan keuangan daerah tahun 2017  masuk dalam kelompok rendah dan tahun 2018 menjadi sedang. Jadi Perwal tahun 2017 yang lalu harus direvisi, dan belum selesai. Itulah sebabnya anggota dewan belum gajian sampai saat ini,” jelas Ketua Hanura Kota ini.

      Soal belum gajiannya anggota dewan kota ini juga dikeluhkan Hamsi, anggota komisi satu. Menurut Dia, harusnya kejadian keterlambatan gaji dewan tak terjadi jika pihak yang diberi tugas mengurusi administrasi birokrasi dapat bekerja profesional.

      “Jika profesional kerjanya maksimal, maka semuanya ini tidak perlu terjadi. Ya, mau bagaimana lagi, hingga pertengahan Januari ini kita (dewan kota) memang belum terima gaji,” beber Dia.

      Informasi lainnya dibenarkan pula oleh Iswandi Ruslan, anggota Komisi Dua DPRD Kota Bengkulu. Iswandi mengatakan bahwa gaji merupakan salah satu komponen Hak yang harus diterima oleh masing masing dewan.

      “Jika Hak kita tertahan, maka tentu ini menjadi contoh yang tidak baik,” tegas Dia.

      Sementara itu pihak sekretariat DPRD Kota membenarkan bahwa saat ini proses penerbitan perwal sedang berlangsung. Dikatakan Sekwan, Romadon bahwa proses itu tidak akan lama. “Kita baru saja tuntaskan APBD 2018, dan perwalnya dalam waktu dekat tuntas, dan dewan sudah bisa terima gaji,” sampai Dia. (lay)