Lima Paslon Belum Memenuhi Syarat

Lima Paslon Belum Memenuhi Syarat

BERBAGI:

Parpol Bukan Pengusung Atributnya Gak Boleh Masuk

RBO >>  BENGKULU >>  Tidak gampang lolos jadi calon walikota! Hingga kemarin 5 pasang balon walikota belum  ada yang memenuhi persyaratan. Sehingga mereka masih wajib melengkapi dan menambah persyaratan sesuai hasil hasil pleno KPU Kota.

      Dari hasil pemeriksaan syarat calon dan pencalonan yang dilakukan oleh KPU Kota Bengkulu kemarin, KPU telah menyampaikan kepada masing-masing LO kandidat Paslon terkait apa saja kekurangan yang harus dilengkapi. Waktu masa perbaikan tanggal 18, 19 dan 20 Januari.

      Sebelumnya diketahui dari penyampaian KPU, untuk lima Paslon kandidat Walikota dan Wakil Walikota semuanya masih BMS karena belum menyerahkan surat SKCK, kemudian tim pemenangan kampanye belum dilaporkan, serta ada ijazah terakhir yang belum dilegalisir. Juga ada LHKPN dari KPK, tidak sedang dinyatakan pailit dari putusan pengadilan.

 “Jadi hari ini, kami telah menyampaikan kepada seluruh kandidat calon, lima pasang lewat LO nya, hasil pemeriksaan tersebut untuk keduanya baik untuk Balon Walikota maupun Wakil Walikotanya. Dari hasil pemeriksaan berkas syarat secara administrasi itu bukan berarti mereka tidak lulus, akan tetapi belum memenuhi syarat (BMS). Dan karena BMS, mereka masih bisa memperbaikinya saat masa perbaikan mulai Kamis sampai tanggal 20 Januari,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah S.Pd, M.Si, Rabu (17/1).

      Sebelumnya dikatakan oleh Darlin, untuk tahap masa perbaikan nanti, pihak KPU berharap lima Paslon kandidat bisa menyerahkan secepatnya agar dapat dilakukan perbaikan sebelum jadwalnya berakhir.

“Memang kalau untuk pemeriksaan kesehatan itu semuanya MS dan ini akan menjadi dokumen kami terkait hasil pemeriksaan kesehatan, tapi untuk syarat administrasi lainnya sebagai calon masih BMS, karena kita akan telusuri ijazah terakhirnya. Kami akan membentuk tim memastikan keaslian ijazah tersebut. Syarat minimal untuk jadi Calon Kepala Dearah serta Wakil Kepala Daerah itu minimal memiliki ijazah SMA sederajat, dan kita sama-sama ketahui dari lima Paslon yang ada saat ini mereka semua adalah pejabat publik di Kota Bengkulu,” katanya.

      Kemudian dalam masa tahap perbaikan itu nanti, Darlin juga menegaskan bahwa tidak bisa lagi ada tambahan dukungan dari Parpol bagi kandidat Paslon yang maju lewat jalur perorangan.

“Jadi tidak bisa lagi memasukkan tambahan Parpol, jadi itu namanya persyaratan mendaftar, kalau persyaratan pencalonan itu B1KWK Parpol yang telah ditetapkan mendaftarkan tanggal 8 sampai 10, setelah itu Parpol diluar yang mengusung serta mendaftarkan sudah gak bisa lagi. Kalau mereka mau mendukung kandidat Paslon silakan, tapi di KPU sudah tidak bisa diakomodir lagi tambahan Parpol. Dan untuk Parpol yang bukan pengusung itu konsekuensinya mereka tidak bisa masuk atributnya saat kampanye, baik di baliho, spanduk maupun media sosialisasi Paslon lainnya. Dan juga untuk APK nanti yang kita masukkan hanya atribut Parpol pengusungnya saja, dan yang diluar saat pendaftaran B1KWK itu gak boleh,” tegas Darlin. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

12 − eleven =