Pemkab Usul Beras Seluma Dijadikan Pemenuhan Program Beras Rastra

Pemkab Usul Beras Seluma Dijadikan Pemenuhan Program Beras Rastra

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, SELUMA – Polemik terkait adanya biaya distribusi kualitas beras keluarga sejahtera (rastra). Selama ini menjadi kajian dan evaluasi pihak Bulog dan pemerintah daerah.
Di Seluma, pemkab juga mengaku telah berkoordinasi dan mengusulkan kepada pihak Bulog Divisi Regional Bengkulu agar beras Seluma dapat didistribusikan dan dikonsumsi masyarakat Seluma melalui distribusi program rastra.
“Kita juga juga sudah berkordinasi dan menjadi catatan agar distribusi beras bulog nantinya yang didistribusikan layak atau tidak dan berkualitas baik. Termasuk masalah beras Seluma juga kita sampaikan. Pihak Bulog juga mengaku akan dikaji, jika memang orang Seluma mau beras Seluma pihak bulog mau dan sanggup membeli dengan harga komersil,” sampai Sekda Seluma Irihadi S.Sos.M.Si, Senin (21/1).

Hanya saja, lanjut Irihadi persoalannya kenapa mereka tak mau membeli gabah masyarakat, karena kandungan air masih tinggi. “Kalau bisa kedepan lebih memanfaatkan beras lokal masyarakat agar kedepan kesejahteraan petani di Seluma juga lebih meningkat. “Sebenarnya saya juga sampaikan keinginan pakai bantuan non tunai seperti pakai kartu untuk program rastra. Namun pihak Bulog juga terkendala dengan persoalan lainnya yang kita belum pahami,” sampainya.

Dibagian lain, perubahan pedoman Peraturan Kemensos tentang beras sejahtera juga menjadi dasar adanya distribusi rastra tahun ini secara gratis.
Dalam Permensos yang baru tersebut, penerima beras sejahtera adalah benar-benar gratis. “Kalau dulukan dibebani ongkos kirim dan angkut, sekarang benar – benar gratis hingga kerumah penerima,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan hal itu, nantinya akan ada satgas yang ditunjuk untuk mengawasi hal itu.
“Tidak ada lagi biaya distribusi dan lainnya. Sehingga masyarakat benar-benar menerima gratis dan tepat sasaran. Jangan sampai ada oknum dan pihak-pihak yang memanfaatkan hal itu,” kata Sekda.

Sementara itu, Pejabat Bulog Regional Bengkulu yang juga menjabat Kabid POP2, Marwansyah menyampaikan sejak tahun 2018 ini, biaya bagi keluarga penerima manfaat (KPM) beras sejahtera ditanggung oleh pemerintah kabupaten Seluma.
“Dalam distribusinya, beras sejahtera di tahun ini juga melibatkan tim saber pungli untuk mencegah praktek pungutan liar,” sampainya.

Besaran beras sejahtera yang diterima KPM berkurang 5 kilo gram dari tahun lalu, dari 15 kilo gram per KPM tahun ini, hanya 10 kilo gram per KPM, yang disalurkan paling lambat tanggal 20 setiap bulannya. (0ne)

Berikut Rekapitulasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) di Seluma Tahun 2018 per kecamatan.

1. Kecamatan Semidang Alas Maras (2.017)
2. Kecamatan Semidang Alas (1.841)
3. Kecamatan Talo (846)
4. Kecamatan Ilir Talo (1.823)
5. Kecamatan Talo Kecil (1.046)
6. Kecamatan Ulu Talo (758)
7. Kecamatan Seluma (453)
8. Kecamatan Seluma Selatan (1.056)
9. Kecamatan Seluma Barat (634)
10. Kecamatan Seluma Timur (800)
11. Kecamatan Seluma Utara (1.140)
12. Kecamatan Sukaraja (1.876)
13. Kecamatan Air Periukan (1.083)
14. Kecamatan Lubuk Sandi (993)
(Sumber : Bagian Kesra)