Merasa Diskriminasi, Puluhan Pengambil Sampah Datangi Pemkot

Merasa Diskriminasi, Puluhan Pengambil Sampah Datangi Pemkot

BERBAGI:

RBO, BENGKULU- Puluhan petugas pengambil sampah dari berbagai kelurahan di Kota Bengkulu mendatangi kantor Walikota Bengkulu Rabu (24/1) kemarin. Hal ini terkait tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang biasanya dibuang di TPA Air Sebakul tidak bisa dibuang disana lagi dalam 2 hari belakangan ini.
“Sudah 2 hari ini kami pengangkut sampah roda tiga tidak bisa membuang sampah di tempat biasanya. Kalau mobil sampah yang plat merah itu boleh membuang sampah disana. Sedangkan kami tidak boleh membuang disana. Padahal kami dari LPM Kelurahan,” ujar Sawal, perwakilan petugas pengambil sampah dari LPM Kelurahan Pagar Dewa.

Mengenai alasanya, Sawal menjelaskan petugas yang di TPA Air Sebakul mengatakan bahwa selama ini pihaknya dianggap numpang di TPA tersebut.
‘’Padahal kami selalu setor untuk retribusi PAD nya tiap bulan Rp 250 ribu sampai 300 ribu perbulannya,” ujarnya.
Sawal juga berharap kedatangan para petugas pengambil sampah ini bisa mendapatkan solusi yang jelas dari pihak terkait.
“Kami berharap solusi dari pihak Dinas terkait. Kami adalah warga asli Kota Bengkulu. Bukan warga lain. Jangan dianaktirikan. Seakan kami pendatang dari luar Kota Bengkulu. ”
Terkait kedatangan puluhan pengambil sampah kelurahan ini, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bengkulu membantah jika dikatakan tidak bisa membuang sampah lagi di TPA Air Sebakul.
“Itu tidak benar. Selama ini motor roda tiga pengambil sampah itu selalu membuang sampah disana. Memang dua hari ini tidak bisa masuk dikarenakan faktor cuaca hujan. Sehingga akses masuk jalan cukup rusak dan sekarang juga kondisi alat berat  kami disana sedang rusak. Jadi, itu tidak ada masalah. Sekarang petugas pengambil sampah sudah bisa membuang sampah disana,” ujar Syarnubi.
Syarnubi menambahkan , tidak benar pihaknya mengdiskriminasi bagi roda tiga yang ingin membuang sampah ke TPA Air Sebakul.(ae3/rsm)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven − three =