20 Hektar Sawah Terserang Hama Blas

20 Hektar Sawah Terserang Hama Blas

BERBAGI

 

RBO, MUKOMUKO – Sekitar 20 hektar tanaman padi milik petani Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang terserang penyakit blas atau patah leher (pyricularia oryzae).

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, S.Hut saat dikonfirmasi menerangkan, serangan blas pada padi petani ini terjadi dalam satu hamparan. Dikhawatirkan serangan hama ini dapat menurunkan hasil produksi padi petani pemilik sawah.
“Kalau perkiraan kita sekitar 10 persen tanaman padi dari 20 hektare sawah milik pilik petani desa Sumber Makmur itu sudah terserang hama patah leher,” ujarnya.
Ia menyatakan, untuk mengurangi kerusakan padi akibat serangan hama tersebut, petani secara mandiri telah melakukan penyemprotan sawah mereka.
Untuk mengurangi beban tanggungan petani desa tersebut, tambahnya, Distan Kabupaten Mukomuko telah memberikan bantuan fungisida kepada kelompok tani setempat.
“Untuk menanggulangi serangan hama itu, kita sudah bantu 10 liter fungisida. Sementara ini baru petani Desa Sumber Makmur SP VIII yang membutuhkan fungisida untuk menanggulangi penyakit,” demikian Wahyu. (sam)