Paslon Tunggu Penetapan dan Vertual, Batal Maju Masih Mungkin!

Paslon Tunggu Penetapan dan Vertual, Batal Maju Masih Mungkin!

BERBAGI
Iwan /RBO Darlinsyah, Ketua KPU Kota Bengkulu

 

RBO, BENGKULU – Dari hasil penelusuran pihak KPU Kota Bengkulu terhadap kelengkapan syarat secara administrasi untuk empat bakal paslon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu periode 2018-2023, KPU memastikan delapan orang kandidat (Walikota dan Wakil,red) tersebut telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) secara administrasi. Mulai dari surat keterangan dari pengadilan niaga, mahkamah militer serta dari masing-masing sekolah tempat kandidat mendapatkan ijazah.
“Untuk keabsahan syarat administrasi, kami telah menurunkan tim. Pertama ke pengadilan niaga. Hasilnya MS. Kemudian ijazahnya mulai dari SD, SMP, serta SMA, hingga magister S2 nya itu kita telusuri. Dan hari ini tanggal 26 telah kami sampaikan. Semua persyaratan calon legalisasinya dinyatakan MS. Dan sebenarnya syarat minimal untuk calon kepala dan wakil kepala daerah itu minimal ijazahnya SMA. Kalau S1, S2 nya itu syarat tambahan. Untuk itu, dari empat Paslon, tiga Paslon dari jalur Parpol tinggal menunggu penetapan menjadi calon. Sedangkan yang untuk jalur perseorangan masih menunggu hasil daripada verifikasi faktual dukungan,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah SPd, M.Si, sore Jumat (26/1).
Kemudian dengan telah MS syarat administrasi, Darlin menjelaskan, yang bisa menggugurkan bakal calon sebelum maupun setelah penetapan, ada tiga. Pertama, jika TMS kesehatan, kemudian kedua berhalangan tetap bisa meninggal dunia dan cacat tetap. Kemudian, ada keputusan hukum tetap secara inkrah.
“Tiga itu yang bisa membatalkan. Baik perseorangan maupun Parpol. Tidak bisa mengundurkan diri. Kalau ada yang mengundurkan diri secara otomatis mengugurkan pencalonan keduanya,” terangnya.
Setelah ini, untuk tiga bakal Paslon jalur Parpol tinggal menunggu penetapan menjadi calon oleh KPU. Sedangkan yang untuk jalur perorangan masih menunggu hasil verifikasi faktual dukungan.
“Kalau dari Parpol tinggal menunggu penetapan. Kalau untuk dari jalur perseorangan itu masih menunggu Vertual yang akan dilaksanakan dari tanggal 30 sampai 5 Februari. Kalau nanti saat Vertual memenuhi, maka bisa ditetapkan jadi calon. Tanggal 28 akan kita sampaikan ke PPS dilakukan vertual, dari 40 ribu dukungan yang diserahkan. Setelah kita cek lagi ada ganda internal, tapi untuk ganda eksternal itu kita anggap MS. Tinggal yang ganda internal kita verifikasi. Dari 40 ribu, jadi 32 ribuan yang kita turunkan dari cek administrasi ganda internal dan eksternal tadi,” pungkas Darlin. (idn)