Hari Ini Panwaslih Plenokan Hasil Pemeriksaan Mutasi

Hari Ini Panwaslih Plenokan Hasil Pemeriksaan Mutasi

Iwan/RBO Ediansyah Hasan SH, MH
BERBAGI:

 

Bawaslu Tekankan Panwaslih Usut Tuntas

RBO >>  BENGKULU >>  Pihak Bawaslu Provinsi Bengkulu menekankan agar Panwaslih Kota Bengkulu yang sedang memproses temuan dugaan pelanggaran atas mutasi terakhir yang dilakukan oleh Pemerintah Kota agar diusut tuntas.

       “Pilwakot ini penyelenggaranya adalah KPU Kota dan pengawasnya ada Panwaslih Kota Bengkulu. Jadi, apapun yang dilakukan itu berdasarkan kewenangan. Kemudian juga berdasarkan lokus delikti. Karena ini Pilkada Kota, maka Panwaslih Kota Bengkulu yang mempunyai kewenangan. Apabila dalam tahapan Pilkada ada laporan ataupun temuan yang terindikasi pelanggaran, termasuk soal mutasi terakhir, karena ini sifatnya temuan, maka prosesnya Panwaslih kota yang akan melaksanakan,” ungkap anggota Divisi HPP Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ediansyah Hasan SH, MH, Minggu (28/1).

      Dan menyangkut ASN terkait mutasi terakhir yang dilakukan diakhir masa jabatan incumbent, Ediansyah mengatakan sekarang masih dalam proses. Dan apakah itu bisa mengugurkan pencalonan, Edi menjawab aturannya memang begitu. “Sekarang kan kalau ketentuan undang-undangnya seperti itu. Itu kan diatur di Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, dipasal 71 ayat 2. Jika memang nanti hasil penelusuran terbukti, kemudian sudah dibahas bersama sentra Gakkumdu, kalau ini sudah terbukti dan semuanya sudah sepakat tentunya akan bergulir ke proses pengadilan. Dan proses pembuktian pelanggaran ini, Panwaslih punya waktu 3 plus dua itu waktu yang diberikan pada pengawas pemilu. Termasuk sentra Gakkumdu didalamnya. Kalau terbukti ada proses penyidikan dan waktunya 14 hari. Setelah penyidikan selesai, maka dituntut. Waktu penuntutan lima hari. Setelah selesai dituntut, baru dilimpahkan ke pengadilan,” pungkasnya.

      Adapun dari anggota Divisi SDM Panwaslih Kota Bengkulu, Ir Sugiharto membenarkan. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses temuan dugaan pelanggaran terhadap mutasi terakhir yang dilakukan oleh pemerintah kota. Dimana pihak Panwaslih telah memanggil beberapa  ASN. Bahkan Sekda Kota Bengkulu Marjon, serta Kepala BKD Bujang HR untuk dimintai keterangan.

       “Kita masih berproses. Dan rencananya setelah Sekda Kota dikonfirmasi, malam ini (Tadi malam-red) Bujang HR akan dimintai keterangan. Dan besok (Hari ini-red) rencananya akan diplenokan,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fifteen − 5 =